Johnny G Plate Ajak Pemuda Kuasai Ruang Digital

Jakarta,Gpriority-Tanggal 28 Oktober 2021 merupakan hari sumpah pemuda. Peringatan sumpah pemuda pun selalu dilaksanakan semua kementerian termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dalam sambutannya, Menkominfo Johnny G Plate mengatakan mendorong generasi muda Indonesia untuk bersiap masuk ke babak baru dunia pascapandemi Covid-19. Berbekal semangat Sumpah Pemuda, Menkominfo mengajak untuk menguasai teknologi dan ruang digital serta perekonomian digital.

“Wahai generasi muda! Generasi milenial, generasi Z, generasi Alpha! Seluruh putra dan putri Indonesia, Siapkan diri Anda untuk masuk ke babak baru dunia, kuasailah teknologi digital untuk memajukan perekonomian digital bangsa. Meraih meraih titik prima di kancah perekonomian dunia,” ajak Menteri Johnny dalam Upacara Peringatan ke-93 Hari Sumpah Pemuda di halaman Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021).

Menurut Menteri Johnny, penguasaan atas ruang digital oleh generasi muda akan dapat memiliki manfaat bagi masyarakat Indonesia. “Kita ikrarkan sumpah dan semangat baru kita untuk menguasai ruang digital Indonesia guna menciptakan manfaat bagi kepentingan masyarakat dan kepentingan nasional kita bersama. Terus tunjukkan karya dan kontribusi terbaik bagi bangsa,  negara dan masyarakat Indonesia,” tandasnya.

Menkominfo mengharapkan semangat luhur Sumpah Pemuda akan terus ada di dalam jiwa raga seluruh pemuda Indonesia. “Mengiringi langkah kita untuk terus tumbuh di era digital dalam upaya mewujudkan Indonesia Terkoneksi: Makin Digital, Makin Maju!” tegasnya.

 Menteri Johnny juga mengajak peserta upacara untuk mengenang kembali semangat pemuda dalam Kongres Pemuda II, lahir suatu ikrar seperti yang tadi dibacakan yang mengikat gerak kepemudaan nasional dalam jalinan persatuan Sumpah Pemuda.

“Hari ini, 93 tahun yang lalu, pemuda-pemudi Nusantara berkumpul menunjukkan khidmatnya dalam semangat perjuangan nasional,” ungkapnya.

Hari ini, Menkominfo mengajak untuk kembali menggelorakan semangat Sumpah Pemuda di setiap diri.”Pada hari yang bersejarah ini, mari kita kembali menggelorakan semangat Sumpah Pemuda di dalam diri kita bersama-sama: …bertumpah darah yang satu, Tanah air Indonesia. …berbangsa yang satu, Bangsa Indonesa. …menjunjung Bahasa persatuan, Bahasa Indonesia,” tegasnya.

Menurut Menteri Johnny, semangat yang tersemat dalam Sumpah Pemuda masih sangat relevan dengan nilai kegotongroyongan saat ini, terutama dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19.

“Terdapat siratan harapan untuk dapat berderap serempak, bergandengan tangan dalam membangun satu simpul kekuatan nasional untuk mencapai tujuan bersama kita khususnya dalam mengatasi pandemi Covid-19,” tuturnya.

Semangat yang sama juga diharapkan Menkominfo dapat terus berlanjut ketika menghadapi masa endemi yang akan dihadapi bersama.”Tanah air kita tanpa henti terus menyokong segala visi, misi, dan cita-cita bangsa untuk dapat terus bersatu dalam satu bahasa, diiringi satu ikhtiar dan doa yang senada, yakni terus berdaya dalam upaya melanjutkan hidup berdampingan dengan pandemi yang niscaya pasti akan segera mereda,” paparnya.

Menteri Johnny menegaskan kekuatan dan semangat nasional harus digunakan untuk bersama bangkit kembali memulihkan perekonomian bangsa.”Seraya terus menstabilkan kehidupan masyarakat, komunitas, serta seluruh elemen bangsa, baik di era pandemi Covid-19 saat ini maupun nanti di era post pandemi ke depannya,” ujarnya.

Upacara yang berlangsung di halaman depan Kantor Pusat Kementerian Kominfo itu diikuti pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama seluruh keluarga besar Kementerian Kominfo yang hadir baik secara fisik maupun virtual.(Hs.Foto.Humas Kominfo)

 

Related posts