Jokowi Yakin Pariwisata Kembali Bergairah Awal tahun 2021

Jakarta,gpriority-Industri pariwisata akan kembali bergairah pada awal tahun 2021 dengan asumsi pandemi Covid-19 berakhir pada akhir tahun ini.

Hal itu dikatakan Presiden Jokowi dalam rapat terbatas secara virtual tentang mitigasi dampak Covid-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kamis hari ini (16/4/2020).

Yang membuat Jokowi yakin adalah keinginan masyarakat untuk keluar menikmati keindahan dan pariwisata daerah pada akhir tahun, setelah berbulan-bulan dalam masa pembatasan sosial dan karantina diri.

Untuk itulah Jokowi meminta kepada para pelaku pariwisata untuk tetap positif agar ke depan bisa memanfaatkan momentum tersebut.

Presiden Jokowi mengakui dunia pariwisata seperti perhotelan, restoran, dan industri kreatif merupakan sektor paling terpukul akibat Covid-19. Ia meminta jajarannya tidak pesimistis. Apalagi pemerintah pada saat ini tengah mengusulkan sektor pariwisata harus diselematkan dengan memberikan stimulus bagi para pelaku usahanya demi mencegah pemutusan hubungan kerja (PHK).

“Ini harus betul-betul dilakukan agar mereka bisa bertahan dan tidak melakukan PHK secara besar-besaran,” kata Jokowi.

Jokowi ingin ada program perlindungan sosial bagi para pekerja di sektor pariwisata. Selain itu, ia meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merealokasi anggaran untuk program yang menyerupai padat karya.(Hs)

Related posts