Jokowi:Produk Dalam Negeri Harus Yang Pertama Masuk Katalog Barang Jasa

Jakarta,Gpriority-Selama dua hari (6-7 November 2019) di JCC Senayan Jakarta, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) menggelar rapat koordinasi nasional (rakornas) Pengadaan Barang dan Jasa 2019.

Tahun ini tema yang diangkat adalah ‘Transformasi Pengawasan di Era Digital untuk SDM Unggul Indonesia Maju’.

Acara sendiri dibuka pada Rabu (6/11) oleh Presiden Jokowi. Jokowi meminta agar produk dalam negeri dapat lebih banyak masuk dalam katalog barang dan jasa yang ditawarkan. Menurutnya, produk dalam negeri harus jadi yang pertama dalam katalog barang jasa.

“Produksi dalam negeri harus diserap sebanyak- banyaknya, prioritaskan produk dalam negeri agar bisa cepat masuk ke e-katalog. Khususnya produk UMKM sehingga perekonomian kecil pun jalan,” ujar Jokowi.

Dia pun meminta agar LKPP tidak mempersulit masuknya produk dalam negeri dalam katalog barang jasa. Dia meminta agar standar-standar dalam penentuan barang masuk dalam katalog tidak dipersulit.

“LKPP jangan sampai mempersulit produksi dalam negeri, sehingga produksi dalam negeri jadi tuan rumah. Untuk itu saya minta LKPP kerja sama dengan BSN (Badan Standarisasi Nasional), agar UMKM mudah dapat SNI misalnya,” tutup Jokowi.(Hs)

Related posts