Kabar Baik, 1 April Tes GeNose Berlaku di Bandara

Sukses diterapkan di Stasiun Kereta Api, Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan memasang alat tes GeNose di seluruh Bandar Udara (Bandara) di Indonesia.

” Melihat animo masyarakat yang cukup baik di Stasiun KAI, maka Kemenhub memutuskan akan menerapkan tes GeNose juga diseluruh Bandara yang berada di Indonesia,” ucap Menhub Budi Karya Sumadi dalam siaran persnya yang dikirim Humas pada Rabu (24/2/2021).

Lebih lanjut dikatakan Menhub Budi, penerapan GeNose di simpul-simpul transportasi diperlukan agar masyarakat mendapatkan akses terhadap alat pendeteksi (screening) Covid-19 yang lebih terjangkau, sehingga dapat mengurangi potensi penularan saat menggunakan transportasi umum.

Sementara itu, MenkoPMK Muhadjir Effendy mengatakan, sangat mendukung kehadiran GeNose sebagai salah satu alternatif alat pendeteksi Covid-19 yang digunakan di simpul-simpul transportasi, karena GeNose merupakan produk dalam negeri dan memiliki kelebihan-kelebihan seperti : lebih mudah dan aman penggunannnya, tingkat akurasi cukup tinggi.

“Semoga ke depannya dapat diproduksi secara massal dan dapat terus dikembangkan sehingga tingkat akurasinya akan semakin meningkat. Kita akan terus memperbanyak penggunaan GeNose untuk kepentingan pelayanan publik. Tidak hanya untuk perjalanan, tetapi juga bisa digunakan di tempat yang lain yang sangat membutuhkan,” ucap MenkoPMK.

Senada dengan MenkoPMK, Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, mendukung penuh penerapan GeNose karena merupakan karya anak bangsa, sudah teruji, dan sudah memiliki izin edar dari Kemenkes. Menkomarves juga menyetujui rencana diberlakukannya penggunaan GeNose sebagai salah satu alternatif alat pendeteksi Covid-19 mulai tanggal 1 April 2021 pada seluruh moda transportasi.

“Saya menyetujui seluruh simpul transportasi menggunakan GeNose sebagai salah satu alternatif alat pengecekan terhadap Covid-19, tetapi kualitas dari GeNose ini harus terus ditingkatkan,” tutup Luhut Binsar Pandjaitan.(Hs)

Related posts