Kementerian PUPR Gelar Halal Bihalal Secara Virtual

Jakarta,gpriority-Ada yang berbeda pada lebaran kali ini. Akbat Covid-19, halal bihalal pun digelar secara virtual oleh Kementerian PUPR melalui aplikasi zoom.

Halal bihalal virtual Kementerian PUPR dilaksanakan pada hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama dalam rangka Idul Fitri 1441 Hijriah, Selasa (26/5/2020). Pelaksanaanya dimulai sejak pukul 08.00 WIB pagi hingga pukul 10.00 WIB.

Menteri PUPR dan sejumlah pejabat Eselon I berkumpul di Ruang Serba Guna di lantai 17 Gedung Utama Kementerian PUPR dengan tetap menekankan physical distancing. Layar berukuran besar digunakan untuk menampilkan perwakilan para pegawai yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Meskipun tidak seluruh pegawai ikut dalam kegiatan halal bihalal ini, tetapi setidaknya kegiatan ini dapat meningkatkan tali silaturahmi Keluarga Besar Kementerian PUPR.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada kesempatan itu pun menyapa sejumlah peserta Zoom Meeting dan mengecek kondisi para pegawainya di tengah kondisi Pandemi Covid-19 ini. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diambil hikmahnya dalam kondisi seperti saat ini.

“Tali silaturahmi antar Keluarga Besar PUPR harus tetap dijaga. Jaga kesehatan dan kekompakan dalam melaksanakan tugas baik di kantor maupun di lapangan,” ujarnya.

Terkait dengan pelaksanakan kegiatan pendidikan dan latihan (Diklat) di lingkungan Kementerian PUPR, dirinya menekankan bahwa Pusdiklat Kementerian PUPR juga harus dapat menyiapkan bahan pembelajaran secara e-learning. Kegiatan penelitian di bidang infrastruktur dan perumahan juga harus tetap dilaksanakan dan menyampaikan arahan mengenai rencana pembentukkan Balai Perumahan di sejumlah provinsi di Indonesia. Menteri PUPR pun tak lupa menanyakan mengenai progres pekerjaan yang dilaksanakan oleh sejumlah Balai di daerah.

“Saya juga mengucapkan minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat bekerja dan tetap berhati-hati, jaga kesehatan diri sendiri dan keluarga di masa Pandemi Covid-19 ini. Utamakan sehat terlebih dulu dan baru bekerja,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Menteri PUPR juga mengingatkan kepada pegawainya untuk jangan sampai meremehkan virus Corona yang telah merenggut banyak korban jiwa ini. Salah satu yang harus ditekankan adalah setiap pegawai di lingkungan Kementerian PUPR harus mengikuti semua protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19.

“Dimanapun kita bekerja jangan sampai meremehkan virus corona. Ikuti Protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah,” katanya.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid setelah mengikuti halal bihalal bersama Menteri PUPR juga melaksanakan hal serupa yakni memanfaatkan alikasi Zoom untuk kegiatan halal bihalal secara virtual. Tapi halal bihalal ini diikuti oleh sejumlah Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan dan para Direktur di lingkungan Ditjen Perumahan.

Menurut Khalawi, sebagai pimpinan di Ditjen Perumahan, dirinya juga tentunya tidak terlepas dari kesalahan. Untuk itu, dirinya minta maaf apabila ada perkataan dan perbuatan dalam memberikan pengarahan kepada pegawaianya ada hal-hal yang tidak berkenan.

“Saya beserta keluarga dan para Direktur di Ditjen Perumahan mohon maaf lahir dan batin. Terimakasih atas kerjasamanya dan semangat dalam mendorong program perumahan di daerah dan tingkatkan rasa kepedulian antar sesame,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Perumahan Dadang Rukmana. Menurutnya, salah satu upaya menghadapi pandemi Covid-19 adalah menerapkan hidup disiplin dan menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pada segenap insan Ditjen Perumahan kami dari Sekretariat Ditjen Perumahan mengucapkan selamat Idul Fitri 1441 H Taqabbalallahu minna waminkum, mohon maaf lahir dan batin. Selamat bekerja dan tetap ikuti protokol kesehatan Semoga dalam menghapi masa pandemi ini kita semua dapat menghadapinya dengan disiplin dan tabah. Inshaallah ini semua akan segera berlalu dan kondisi kita ke depan akan lebih baik.,” tutupnya. (Hs.Foto.dok. Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Perumahan Kementerian PUPR)

 

Related posts