Lepas 51 Petani dan Nelayan di Penas KTNA XVI Padang, Ini Pesan Ardiansyah

Penulis : Haris | Editor : Lina F | Foto : Dok. Pribadi

Kutim,GPriority.co.id-Rabu (7/6) Bupati Kutai Timur (Kutim) Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si. melepas 51 petani dan nelayan yang akan mengikuti Penas XVI KTNA di Padang Sumatera Barat.

“Dengan mengirim sebanyak 51 peserta, tentu banyak sekali informasi dan pengetahuan yang didapatkan dan menjadi oleh-oleh bagi petani dan nelayan Kutai Timur,” ucap Bupati Ardiansyah.

Orang nomor satu di Kutai Timur ini berharap para eserta KTNA asal Kutai Timur dapat membangun jaringan dan mempelajari kelebihan dan keunggulan daerah lain.

” Saya harap dapat berbagi dan mengambil pengalaman dari daerah lain,” jelasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Bupati Ardiansyah mengatakan, beberapa produk andalan dari Kutai Timur, seperti pisang kepok dari Kaubun, Nanas dari Teluk Pandan, Lobster, ikan asin, coklat dan sebagainya diharapkan dalam satu atau dua tahun ke depan mampu diproduksi menggunakan teknologi yang modern.

“Seperti pisang, ke depan akan dibangun pabrik pisang dan turunannya, lalu produk nanas akan diproduksi menjadi kristal,” jelasnya.

“Kita berharap mudah-mudahan setahun atau dua tahun kemudian kita memiliki alat dan teknologi yang lebih maksimal lagi untuk memproduksi apa yang sudah kita punya saat ini,” tambah Bupati Ardiansyah.

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (DTPHP), Dyah Ratnaningrum yang mendampingi bupati melepas 51 peserta Penas mengatakan, selain peserta dari petani, peternak, perkebunan, nelayan juga ada petugas penyuluh lapangan (PPL) yang berprestasi.

“Paling tidak, Penas ini menjadi pemicu semangat bagi petani dan nelayan dan juga reward bagi petani dan nelayan yang konsisten di bidangnya,” tutur Dyah menutup sambutannya.