Mencicipi Lezatnya Kepiting Isi Khas Belitung

Belitung tidak hanya kaya akan hasil laut, tetapi juga olahannya yang menjadi kuliner khas di daerah Laskar Pelangi ini. Sebut saja kepiting isi. Dengan variasi berbeda dari kepiting umumnya, kelezatan daging kepiting dibuat menjadi berkali lipat lebih lezat.

Kepiting atau yang biasa dikenal juga dengan nama ketam merupakan bahan baku dari kuliner khas Belitung ini. Kepiting isi ini memang hanya bisa didapatkan di Belitung, sehingga dipastikan bahan baku kepiting yang digunakan asli dari perairan Belitung dan masih segar. Kepiting segar yang digunakan untuk membuat hidangan kepiting isi dipisahkan daging dan cangkangnya, untuk kemudian daging diolah terlebih dahulu.

Daging kepiting dicampurkan dengan beberapa bumbu, seperti garam, lada, bawang, serta telur. Daging yang telah dicampur berbagai bumbu, kemudian dimasukkan lagi ke dalam cangkang kepiting untuk digoreng dan siap disajikan. Umumnya, untuk dimakan langsung di tempat, kepiting isi akan digoreng sampai sepenuhnya matang. Namun, untuk dijadikan oleh-oleh, kepiting isi digoreng setengah matang dan dapat digoreng lagi di rumah.

Dengan proses pengolahan ini, rasa kepiting meningkat berkali-kali lipat lebih lezat. Ada paduan rasa laut yang segar dengan aroma sedap dari campuran bawang. Memakan kepiting isi juga lebih mudah dari kepiting biasa yang masih harus membuka cangkang dan capit. (VIA)

Related posts