OpenAI dan Reddit Kolaborasi dalam Pengembangan AI

Jakarta, GPriority.co.id – OpenAI telah mencapai kesepakatan dengan Reddit untuk menggunakan data dari situs berita sosial tersebut guna melatih model kecerdasan artifisial (AI).

Dilansir dari TechCrunch pada Jumat (17/5), OpenAI mengatakan bahwa kemitraan dengan Reddit akan memberikan akses ke konten yang terstruktur dan unik secara real-time, seperti postingan dan balasan dari Reddit. Konten dari Reddit akan diintegrasikan ke dalam ChatGPT, AI percakapan populer dari OpenAI, dan kedua perusahaan akan bekerja sama untuk menghadirkan fitur “bertenaga AI” baru yang tidak ditentukan untuk pengguna dan moderator Reddit.

OpenAI juga akan menjadi mitra iklan Reddit, dimana Reddit akan membangun visi kuatnya dengan menggunakan platform model AI dari OpenAI. OpenAI memiliki beberapa kesepakatan lisensi serupa dengan penyedia konten mulai dari perpustakaan media stok hingga penerbit berita.

Namun, yang tidak biasa dari kesepakatan ini adalah bahwa Sam Altman, CEO OpenAI, memiliki 8,7 persen saham di Reddit, menjadikannya pemegang saham terbesar ketiga, dan pernah menjadi anggota dewan direksi perusahaan tersebut. Untuk menghindari pengawasan, OpenAI mengatakan dalam siaran persnya, bahwa meskipun Altman tetap menjadi pemegang saham Reddit, kemitraan ini dipimpin oleh COO OpenAI Brad Lightcap dan disetujui oleh dewan direksi independen OpenAI.

Saham Reddit juga naik 11 persen dalam perdagangan setelah pengumuman kesepakatan dengan OpenAI.

“Paradoks yang saya lihat adalah bahwa, semakin banyak konten di internet yang ditulis oleh mesin, semakin tinggi nilai konten yang berasal dari orang nyata,” kata CEO Reddit Steve Huffman selama konferensi laporan keuangan perusahaan pada bulan Maret. “Dan kami memiliki hampir dua dekade percakapan otentik,” sambung dia.

Platform Reddit, yang memiliki lebih dari 1 miliar postingan dan lebih dari 16 miliar komentar, angka yang terus bertambah setiap hari berkat ratusan juta pengguna aktifnya adalah tambang emas bagi perusahaan AI generatif, yang modelnya belajar dari contoh konten seperti teks dan gambar untuk menghasilkan konten baru yang serupa.

Foto: Rokas Tenys/Shutterstock