Ini Alasan Maarten Paes Tidak Masuk Skuad Timnas untuk FIFA Match Day Juni

Jakarta, GPriority.co.id – Kiper FC Dallas, Maarten Paes tidak masuk kedalam skuad Timnas Indonesia yang dipanggil PSSI dan Shin Tae Yong, dalam FIFA Match Day Juni 2024 mendatang. Kiper yang dipanggil untuk menjaga gawang Timnas Indonesia yakni Ernando Ari dan M. Adi Satryo.

Padahal Maarten Paes sudah menjalani sumpah kewarganegaraan atau naturalisasi menjadi WNI, oleh Kemenkumham, pada Selasa, 30 Maret 2024.

Pemain naturalisasi yang dilibatkan dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak dan Filipina yakni Justin Hubner, Jay Idzes, Shayne Pattyama, Sandy Walsh, Nathan Tjoe A On, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick.

Sempat beredar kabar proses naturalisasi Maarten Paes terbentur aturan FIFA, lantaran dia pernah bermain untuk Timnas Belanda U21 pada Kualifikasi Piala Eropa 2021.

Namun, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji menyampaikan alasan Paes belum dipanggil memperkuat Timnas Indonesia. Ia menyebut ini murni karena kebutuhan tim sudah terpenuhi dengan kehadiran Ernando dan Adi Satryo.

Sumardji juga belum bisa mengabarkan perkembangan proses perpindahan federasi Paes dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Sebelumnya, Paes sudah menjalani sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Meski demikian, Sumardji menyebut masih ada kemungkinan perubahan daftar panggil pada pertandingan setelah melawan Irak.

“Daftar pemain itu sifatnya dinamis. Bisa bertambah di kemudian hari. Saya belum bisa jawab soal Maarten Paes. Intinya daftar 22 nama itu sesuai dengan kebutuhan pelatih,” ujarnya.

Timnas Indonesia akan menjalani dua laga penting di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona sia Grup F di Stadion GBK untuk menjamu Irak pada Kamis 6 Juni dan akan menjamu Filipina pada 11 Juni.

Foto: Intagram @maartenpaes