Optimalisasi Peran dan Fungsi DPRD Kaltara dalam Pembangunan Daerah

Jakarta,GPriority.co.id – Dalam rangka meningkatkan kinerja dan peran Pemerintah Daerah dalam pembangunan di daerahnya, Universitas Respati Indonesia (URINDO) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) mengundang anggota DPRD Kalimantara Utara (Kaltara) dalam Bimbingan Teknis (BIMTEK) tentang pendalaman tugas.

Acara ini digelar pada tanggal 16-19 Juni 2022 di Hotel Mercure Jakarta Kota, Jakarta Barat. BIMTEK ini merupakan pedoman dari Permendagri No.14 Tahun 2018 Tentang Orientasi dan Pendalaman tugas Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Tema BIMTEK kali ini adalah “Optimalisasi Peran dan Fungsi DPRD dalam Sinergi Pembangunan Daerah.” Tujuan BIMTEK ini untuk meningkatkan kapasitas anggota DPRD Kaltara dalam peningkatan pendalaman khususnya tentang masalah teknis yang berkaitan dengan tupoksi.

“Rutin diadakan karena diamanatkan dalam aturan bahwa setiap anggota DPRD harus menambah wawasan pendalaman keilmuan, salah satunya melalui BIMTEK ini. Sekaligus meningkatkan kualitas anggota DPRD dalam proses sinergisitas dalam melayani masyarakat,” kata Ketua DPRD Kaltara, Albertus Stevanus Marianus ketika diwawancarai.

BIMTEK ini turut menghadirkan tim ahli dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), tim ahli URINDO, dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai narasumber. Materi yang disampaikan seputaran tupoksi anggota DPRD yang dibagi dalam 11 sesi untuk dua hari acara.

“Yang dibahas itu khusus masalah Perda retribusi pajak daerah, bagaimana caranya membuat perda, dimana potensi penggalannya, apa yang dihadapi, dimana potensi untuk meningkatkan pajak daerah retribusi serta kapan waktunya.” Tambah Albertus.

Dengan adanya BIMTEK ini, diharap pemerintah daerah khususnya anggota DPRD Kaltara bisa melayani masyarakat dalam mengimplementasikan wawasan dan pengetahuannya dengan sudut pandang baru yang dimiliki. (Hn.Foto.Tika)

Related posts