Peduli Mental Health, Kenali Kapan Anda Harus Mengunjungi Psikiater

Jakarta, GPriority.co.id – Orang mengunjungi psikiater bukan berarti mereka gila, mereka cukup awas sebagai orang yang sadar akan kesehatan mentalnya sendiri. Namun sebelum mengunjunginya, Anda harus tahu dulu dengan pasti perbedaan antara psikiater dan psikologi.

Mengutip dari laman resmi doktersehat, psikiater adalah dokter jiwa dan mempelajari ilmu tentang kesehatan jiwa. Sedangkan psikolog mempelajari ilmu tentang perilaku dan perasaan seseorang yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Karena ruang lingkupnya adalah medis, seorang psikiater diperbolehkan meresepkan obat untuk mengatasi gangguan mental dan jiwa seseorang. Sementara psikolog tidak diperbolehkan meresepkan obat.

Jadi, seseorang yang harus segera mengunjungi psikiater adalah orang-orang yang membutuhkan bantuan untuk masalah mental yang mereka hadapi. Berikut rangkuman dari sumber yang sama mengenai kapan Anda harus mengunjungi psikiater.

1.Merasa Sedih, Marah, atau Menjadi Pribadi yang Berbeda
Perasaan sedih, marah, atau menjadi pribadi yang berbeda dari biasanya memang hal wajar. Tapi akan menjadi tidak wajar bila dirasakan terus menerus hingga mengganggu kualitas hidup. Jika dibiarkan maka hal ini akan semakin parah, maka dibutuhkannya psikiater untuk membantu permasalahan tersebut.

2.Kerap Merasa Takut, Panik, dan Selalu Bermimpi
Merasa takut, panik, dan selalu bermimpi ini dalam artian Anda selalau merasakannya bahkan tanpa ada penyebab yang pasti dan merasa terganggu akibat hal tersebut.

3.Baru Mengalami Hal yang Traumatis
Hal yang traumatis dapat menyebabkan perasaan cemas, sulit tidur, dan jika dibiarkan bahkan dapat menyebabkan PTSD (Post Traumatic Syndrome Disorder). Bukan hanya menyerang mental, peristiwa traumatis juga memberikan efek kepada kesehatan fisik. Sesuatu yang traumatis juga dapat memicu rasa takut, panik, dan selalu bermimpi secara berlebih.

4.Baru Kehilangan Seseorang atau Sesuatu yang Sangat Berarti
Kehilangan sosok penting dalam hidup memang tidak menutup kemungkinan akan meninggalkan bekas luka mendalam dalam jiwa, namun perlu diingat bahwa tidak semua orang yang ditinggal orang terkasih harus mengunjungi psikiater. Hanya orang yang mengalami kesedihan berlarut, gangguan tidur, stres, gejala depresi, atau perubahan negatif lainnya yang harus segera mengunjungi psikiater.

5.Mengalami Insomnia atau Perubahan Pola Tidur Ekstrim
Insomnia ekstrim dapat menyeret seseorang kepada gangguan kecemasan, depresi, kecanduan obat-obatan, penyalahgunaan alkohol, serta gangguan jiwa. Karenanya, ketika mengalami insomnia dalam waktu lama, itulah tanda harus ke psikiater secepatnya.

6.Kecanduan Narkoba, Zat Adiktif, atau Hal Lain
Seseorang yang memiliki riwayat pencandu narkoba atau zat adiktif lainnya memang berbahaya bagi fisik dan mental. Untuk mengatasi hal itu dibutuhkan profesional guna menjalankan terapi khusus dengan langkah yang tepat. Bukan hanya kecanduan narkoba atau alkohol, seseorang juga butuh bantuan psikiater saat mengalami kecanduan seks, jenis makanan tertentu, atau kebiasaan menyakiti diri.

Itulah beberapa tanda-tanda pada kondisi yang mengharuskan Anda untuk segera menemui psikiater. (Gs.Foto.Istimewa)

Related posts