5 Tips Memantapkan Hati Berhijab Konsisten

Jakarta,GPriority.co.id – Bagi seorang muslimah, mengenakan hijab sudah menjadi kewajiban. Hijab adalah salah satu cara Islam dalam melindungi kaum wanita dari fitnah dan maksiat. Hijab juga menjadi simbol kehormatan sekaligus identitas seorang muslimah.

Meski memiliki segudang keutamaan, namun masih banyak muslimah yang belum yakin dengan hijab yang dikenakannya. Hal ini bisa disebabkan karena belum bisa memantapkan hati untuk berhijab sepenuhnya. Persoalan ini pasti dialami oleh banyak wanita muslimah.

Nah, jika kamu juga masih sulit dan ragu untuk mengenakan hijab, tips-tips berikut ini bisa kamu lakukan agar semakin memantapkan diri untuk berhijab:

1.Niat Karena Allah
Segala sesuatu yang baik harus diawali dengan niat mematuhi perintah Allah SWT. Dengan yakin dan niat sepenuh hati, niscaya Allah SWT akan membantu kamu agar selalu istiqomah di jalan-Nya.
Hindari mengenakan hijab hanya karena ingin mendapat pujian dan pengakuan. Sebab, jika suatu waktu hal-hal tersebut menghilang, bisa saja motivasi yang kamu miliki untuk mengenakan hijab juga menghilang.

Usahakan mengenakan hijab saat keluar rumah setiap dua hari sekali. Segera dengan pertolongan Allah SWT dan kesabaran, suatu hari akan berubah menjadi berminggu-minggu, kemudian berbulan-bulan. Tanpa disadari akan berubah menjadi suatu kebiasaan.

2.Memilih Lingkungan yang Mendukung Berhijab
Bisa jadi, penyebab kamu masih sulit berhijab karena lingkungan sekitar yang kurang mendukung untuk berhijab. Padahal faktor lingkungan dan pergaulan bisa sangat mempengaruhi seseorang dalam membuat keputusan.

Meski demikian, bukan berarti kamu harus sepenuhnya mengabaikan ataupun meninggalkan orang-orang di sekitarmu saat ini. Mulailah sedikit membatasi pergaulanmu dengan mereka dan mencari pergaulan baru diluar lingkungan saat ini. Cari teman yang bisa saling mengingatkan dalam kebaikan.

Bergaullah dengan wanita-wanita yang sudah konsisten mengenakan hijab. Salah satu cara termudah untuk mendapatkan teman yang mendukung agar konsisten mengenakan hijab adalah datang ke tempat- tempat kajian Islam.

3.Mengenal Hijab Lebih Dekat
“Tak Kenal Maka Tak Sayang,” peribahasa ini juga berlaku dalam memantapkan diri berhijab. Kamu tidak akan bisa menyayangi dan mencintai hijab yang melekat pada tubuhmu jika tidak mengenal tentang hijab sama sekali. Ingat, hidayah tidak datang begitu saja, tetapi harus dijemput.
Pahami hukum berhijab, fungsi dan keutamaan mengenakan hijab. Untuk memotivasi diri, kamu juga bisa mengenal hijab melalui cerita-cerita muslimah lain. Lebih baik lagi jika berinisiatif datang ke kajian-kajian. Karena seringkali pengisi kajian yang didominasi oleh kaum wanita, pembahasannya tidak jauh dari kewajiban dalam berhijab. Jangan khawatir akan menjadi pusat perhatian. Beberapa orang mungkin akan menghampiri kamu untuk berkenalan, itu bisa menjadi awal yang baik untuk berhijab.

4.Sesuaikan Busana dan Gaya Berhijab
Setelah memutuskan untuk memakai hijab, langsung mengenakan hijab dengan pakaian luar yang longgar dan panjang yang menutupi kepala dan tubuh, mungkin akan sulit dilakukan. Karenanya, mulailah dengan pakaian yang dirasa nyaman.

Jika tidak terbiasa mengenakan rok, kenakanlah celana bahan atau celana kulot. Kenakan pakaian seperti blus panjang atau mantel panjang. Gunakan bahan hijab yang nyaman seperti katun agar mudah dibentuk. Sebaiknya, jangan kenakan hijab berbahan licin seperti satin.

5.Percaya Diri
Saat baru mengenakan hijab, tidak sedikit orang terdekat akan terkejut bahkan sampai muncul omongan-omongan negatif. Salah satu yang sering didengar adalah anggapan bahwa kamu terlihat lebih cantik saat tidak mengenakan hijab.

Jika menemui kejadian seperti ini, maka ingat kembali mengapa kamu berhijab, niat karena Allah. Sekalipun orang lain berkata demikian, tapi yakinlah bahwa yang kamu lakukan semata-mata untuk mengikuti perintah Allah, dan yakin bahwa penilaian terbaik datang dari Allah SWT.

Itulah beberapa tips memantapkan hati untuk konsisten berhijab. Memang tidak mudah dan akan ada banyak cobaan yang kamu lalui, tapi dengan ikhtiar dan tawakal, niscaya jalanmu agar dipermudah dan kamu akan terbiasa dengan berhijab. (Vn)

Related posts