Penyandang Tunanetra di Karawang Dapat Pelatihan Membaca dan Menulis Huruf Braille

Penyandang disabilitas sensorik netra di Kabupaten Karawang mengikuti pelatihan membaca dan menulis huruf Braille arab dan latin, di UPTD Bina Karya, Kecamatan Karawang Timur, Selasa (31/08/2021).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Badan Literasi Braille Indonesia (BLBI) Abiyoso Kementerian Sosial, dan melibatkan 17 orang penyandang disabilitas sensorik netra. Pelaksanaan pelatihan ini berlangsung selama tiga hari mulai 31 Agustus hingga 2 September 2021.

Koordinator Seksi Bimtek dan Layanan Literasi BLBI Abiyoso, Amin Suaedi mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan literasi bagi penyandang tunanetra.

Sebelum pelatihan, para penyandang tunanetra terlebih dahulu sudah melakukan assesment bagi para tunanetra dan tersaring 17 peserta yang bisa mengikuti pelatihan.

“Pelatihan menulis dan membaca Braille Arab diberikan agar memudahkan para tunanetra muslim membaca Al-Quran dan mengaji. Tak sedikit tunanetra yang sudah hafal Al-Quran, tapi tidak bisa membacanya, karena menghafal melalui pendengaran. Oleh karena itu kami ajarkan juga cara membaca huruf braille arab,” ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Karawang, Endang Soemantri mengatakan, para peserta pelatihan ini berprofesi sebagai tukang pijat. Endang mengaku salut dan mengapresiasi kepada para peserta karena memiliki kemauan belajar yang baik. (Dwi.foto.dok.Diskominfo Karawang)

Related posts