Pj. Gubernur Papua Barat: Target Penurunan Inflasi dan Stunting Berjalan Baik

Jakarta, GPriority.co.id – Pj. Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere, menghadiri rapat evaluasi program kerja di Irjen Kemendagri Jakarta, pada Selasa (7/5) kemarin. Ditemui seusai rapat, Pj. Gubernur Ali Baham pun melaporkan beberapa poin penting.

“Sebagai Pj. Gubernur yang merupakan wakil pemerintah pusat daerah, maka berkewajiban setiap 3 bulan memberikan laporan tugas dan tanggung jawab yang dilaksanakan. Atau disebut dengan laporan kinerjanya. Hari ini adalah laporan untuk triwulan kedua atau dalam 6 bulan telah melaksanakan tugas,” ujarnya.

Dari 100 indikator yang ada, terdapat 3 aspek yang meliputi pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan yang telah disajikan laporannya secara menyeluruh oleh Pj. Gubernur Ali Baham.

“Pada saat paparan diminta menjelaskan sepuluh indikator prioritas. Dari apa yang tadi dijelaskan, secara umum kita telah memenuhi target-target seperti halnya inflasi dan presentasenya yang semakin menurun. Kemudian juga terkait dengan stunting yang juga menurun,” ungkapnya.

Meskipun presentasenya telah menurun, diakui Pj. Gubernur Ali Baham bahwa masih ada beberapa daerah yang angkanya masih tinggi.

“Tetapi ada yang angkanya masih tinggi. Seperti di Kabupaten Pegaf, juga ada beberapa kabupaten lain. Kurang lebih ada tiga kabupaten yang angkanya masih tinggi. Sehingga, dari evaluasi ini kami menjadikan sebagai dasar bersama-sama dengan pimpinan OPD yang hadir,” katanya.

Setelah kembali ke Papua Barat nanti, Pj. Ali Baham bersama dengan jajarannya akan menyusun langkah-langkah untuk bisa menyelesaikan dan membuat rencana aksi serta perencanaan kegiatan. Kedepannya, ia berharap agar hasilnya semakin membaik.

“Semoga di triwulan ketiga nanti, yaitu 3 bulan kedepan, tentunya semakin lebih baik,” harapnya.

Berkaitan dengan proyek-proyek yang saat ini sedang dikerjakan di Papua Barat, Pj. Ali Baham mengatakan bahwa terdapat beberapa proyek yang salah satunya berkaitan dengan pendidikan.

“Kalau proyek ya tentunya ada pembangunan pendidikan, kesehatan, infrastruktur. Itu tentunya sedang berjalan dan sesuai dengan APBD. Kita berharap agar realisasi anggaran 2024 secepatnya, sehingga target penyelesaian pekerjaan untuk mencapai sasaran sesuai rencana, dapat tercapai,” jelasnya di akhir sesi wawancara.

Foto : GPriority