Presiden Hadiri KTT ke-36 ASEAN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh negara ASEAN untuk membuka akses atau konektivitas travel coridor antar negara di Asia Tenggara. Meski pandemi virus corona Covid-19 masih melingkupi negara ASEAN, namun Jokowi menilai pembukaan konektivitas ini penting guna membangkitkan ekonomi kawasan. Hal tersebut disampaikan Presiden saat menghadiri KTT ke-36 ASEAN yang digelar secara virtual, Jumat (26/6).

Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi usai mendampingi Jokowi mengikuti KTT menekankan, konektivitas adalah kunci menghadapi masalah ekonomi saat ini,oleh karena itu konektivitas harus segera mungkin dihidupkan.

Retno juga mengungkapkan, termasuk negara-negara di kawasan ASEAN saat ini menghadapi 2 tantangan besar yaitu penanganan Covid-19 dan dampaknya.

Kata Retno, kedua tantangan tersebut menurut Presiden semakin berat melihat situasi global yang saat ini sangat dinamis. Terlebih, terdapat peningkatan persaingan antara negara-negara dengan kekuatan besar, besarnya pesimisme atas multilateralisme, serta rule based order yang seakan banyak dilanggar.

KTT ke-36 ASEAN yang diselenggarakan pada 8.30 hingga 10.45 WIB secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat. KTT ke-36 ASEAN tersebut diselenggarakan dan dipimpin oleh Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc selaku Ketua ASEAN tahun 2020.# (Langen Ayu)

Related posts