Profil Tonny Harjono, Mantan Ajudan Presiden yang Baru Dilantik Jadi KSAU Baru

Jakarta, GPriority.co.id – Presiden Joko Widodo resmi melantik Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru, pada Jumat (5/4). Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 20 TNI Tahun 2024, yang berisi mengenai Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf TNI AU.

Profil Tonny Harjono

Mohamad Tonny Harjono, S.E., M.M., merupakan Perwira Tinggi Angkatan Udara RI lulusan dari Akademi Angkatan Udara TNI di tahun 1993. Lahir pada 4 Oktober 1971, pria berusia 52 tahun itu tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Salah satunya Pangkogabwilhan II.

Selain itu, dilansir dari Wikipedia, Tonny Harjono juga dilaporkan pernah menjabat sebagai Ajudan Presiden RI Joko Widodo. Selanjutnya, menjabat Danlanud Adi Soemarno, Danlanud Halim Perdanakusuma, Staf Khusus Kasau, Sekretaris Militer Presiden, Dankodiklatau, Pangkoopsudnas, dan terakhir sebagai Kasau.

Tonny Harjono juga pernah menerbangkan sejumlah pesawat tempur, seperti Pesawat jenis Hawk MK-53, F-16 Fighting Falcon, Sukhoi 27 dan Sukhoi 30.

Sejumlah penghargaan tanda jasa dan brevet, juga sudah ia dapatkan. Beberapa diantaranya seperti Brevet Wira Waskita POMAU, Brevet Instruktur TNI AU, dan Bintang Dharma.

Tonny Harjono dilantik untuk menggantikan posisi sebelumnya yang diisi oleh, Marsekal Fadjar Prasetyo, yang akan pensiun pada 9 April mendatang.

Foto : Biro Pers Sekpres