Ratusan Peserta APKASI 2023 Takjub, Potensi Ketapang Urban Aquaculture Berhasil Kelola Wilayah Pesisir

Penulis: Dimas | Editor: Lina F | Foto: Diskominfo Tanggerang

Tanggerang,GPriority.co.id-Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui pameran APKASI Otonomi Expo 2023 menghadirkan potensi unggulan setiap daerah salah satunya Kabupaten Tanggerang.

Adapun sekitar 150 peserta perwakilan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) diberi kesempatan berkunjung ke Kawasan Wisata Ketapang Urban Aquaculture di Desa Ketapang, Tanggerang pada Jumat (21/7).

Dalam kunjungan tersebut, para peserta diterima langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch Maesyal Rasyid, dengan didampingi unsur Forkopimcam Kecamatan Mauk.

Para peserta diajak melihat keberhasilan Pemkab Tangerang dalam pengelolaan kawasan pesisir pantai. Mereka menyaksikan langsung beragam jenis budidaya tanaman mangrove. Selain itu, para peserta juga melihat tempat budidaya udang di kawasan ini.

“Rasa panas itu hilang ketika kami melihat berbagai sudut yang indah, mangrove yang begitu bagus dan subur juga lintasan yang tertata rapih dan bersih,” ucap salah satu peserta yakni, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Lampung Timur Almaturidi dalam rilisnya.

Kunjungan ke Ketapang Urban Aquaculture menjadi oleh-oleh yang dapat dibawa ke daerah masing-masing. Dia berharap kawasan itu dapat menginspirasi para delegasi APKASI dalam pengelolaan pesisir pantai. Selain itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Merauke Justina E. Sianturi menilai, Ketapang Urban Aquaculture memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi untuk masyarakat sekitar.

“Kami telah melihat langsung bagaimana Desa Ketapang ini tumbuh dan berkembang secara tertata dengan baik sesuai dengan apa yang telah dipaparkan oleh Bapak Sekda sebelumnya. Saya sangat terkesan dengan pembangunan yang dilakukan seperti pohon mangrove yang ada disini, pohon sederhana yang menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Justina E Sianturi berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang yang telah memberikan edukasi terkait pengelolaan daerah pesisir pantai yang dimana Kabupaten Merauke sendiri merupakan kawasan pesisir pantai.

“Saya berharap tempat ini selalu dijaga Pemerintah Kabupaten Tangerang khususnya masyarakat Ketapang karena dengan ditanamnya mangrove bisa menahan ombak besar dan wilayah ini bisa terus terjaga. Seperti Kabupaten Merauke yang pesisir pantainya banyak pemukiman warga dan sering mendapat pengaruh dari pasang surut ombak besar. Maka kami akan belajar dari Ketapang terkait penanganan tersebut,” ujarnya.

Perlu diketahui, kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) Otonomi Expo 2023 dan Ketapang Urban Aquaculture menjadi salah satu destinasi wisata yang ditunjuk untuk dikunjungi para delegasi dari berbagai Kabupaten se-Indonesia.