Robby Kamaniel Omaleng Memimpin Dengan Dukungan Teamwork Handal

Kesuksesan tidak akan bisa berjalan tanpa adanya tim. Itulah yang diucapkan oleh Ketua DPRD Mimika Robby Kamaniel Omaleng, S.IP, MA, saat membuka sesi wawancara dengan awak media seperti dikutip dari Timika eXpress, Selasa (25/2).

Lebih lanjut dikatakan Robby Kamaniel, apa yang bisa dibantu orang lain, maka itu harus dipercayakan agar organisasi atau pekerjaan bisa berjalan dengan baik.

“Jaringan dan struktur itu perlu dan tim juga harus jelas. Saling mengisi satu dengan yang lain itulah tim,” katanya.

Berkat adanya tim, dirinya bisa meraih kesuksesan hingga saat ini.” Puji Tuhan kesuksesan saya menjabat sebagai Ketua DPRD Mimika Periode 2019-2024 berkat kerja tim baik di Partai maupun di DPRD Mimika. Untuk itulah saya mengucapkan terima kasih kepada semua rekan-rekan yang sudah mendukung saya selama ini,” ucap Robby.

Dalam kesempatan tersebut,Robby juga menjelaskan mengenai masa lalunya sebelum dilantik menjadi Ketua DPRD Mimika.

“Sebelum menjadi anggota dan Ketua DPRD, saya pernah bekerja sebagai karyawan di PT.Freeport Indonesia,” ucap Robby.

Pria kelahiran Aronanop 3 Juni 1984 juga pernah menjadi ketua di sejumlah organisasi olahraga Timika seperti Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mimika dan Manager Persatuan Sepak Bola Mimika (Persemi).

Tak hanya itu, Robby juga aktif mengikuti organisasi kemasyarakatan. Salah satu organisasi yang pernah beliau ikuti adalah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Di organisasi tersebut, Robby dipercaya sebagai ketua.

Berpengalaman di organisasi, Robby memberanikan diri untuk maju sebagai wakil rakyat Mimika dengan mendaftarkan diri di Partai Golkar.

Saat memaparkan visi dan misinya, Robby terpilih menjadi salah satu calon anggota DPRD Mimika Periode 2014-2019 dari partai Golkar.

Berkat visi dan misinya serta kerja keras tim, Robby pun terpilih menjadi anggota DPRD Mimika Periode 2014-2019.

Di periode berikutnya, Robby kembali terpilih menjadi anggota DPRD Mimika 2019-2024. Selain menjadi anggota, dirinya juga dipercaya menjadi Ketua DPRD oleh rekan-rekannya.

Sebagai Ketua DPRD Mimika, Robby siap untuk menjalankan tiga fungsi dewan, yaitu fungsi anggaran, legislasi dan pengawasan sehingga sejalan dengan kepentingan rakyat.

” Duduk sebagai legsilatif bukan berarti dewan harus membuat sesuatu yang berwujud, tetapi bagaimana mengontrol pemerintah sebagai ekskutor dalam menjalankan anggaran sehingga lebih berpihak kepada rakyat. Bekerjasama dengan pemerintah dalam menyusun sebuah kebijakan untuk kepentingan rakyat dan tetap menjaga wibawa DPRD,” jelas Robby.

Tentang hubungan pemerintah dengan DPRD seperti yang pernah terjadi pada periode sebelumnya, menurut dia, tidak perlu mengingat apa yang sudah berlalu, tetapi saat ini bagaimana dewan berkomitmen dalam menjalankan tiga fungsi utama, sehingga hubungan antara pemerintah dan DPRD sebagai representase dari rakyat berjalan dengan baik.

“Dewan bisa memberikan saran dan masukan yang berasal dari aspirasi rakyat kepada pemerintah sebagai eksekutor atau kuasa anggaran,” tambahnya.

Dan yang paling penting menurut dia, adalah bagaimana pemerintah mendukung dewan dalam menjalankan tugas-tugasnya dengan baik, terutama dalam menempatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sekretariat DPRD Mimika, yang mampu mendukung kerja dan tugas DPRD Mimika.(Hs)

Related posts