Sanggau Adakan Ritual Paradje Pasaka Negeri XIII Tahun 2021

Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat menggelar kegiatan Ritual Paradje Pasaka Negeri XIII Tahun 2021, di Keraton Surya Negara Sanggau, Senin (20/9/2021).

Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan bahwa, Festival Budaya Paradje Pasaka Negeri ini merupakan agenda tahunan yang selalu rutin dilaksanakan. Namun karena situasi saat ini masih pandemi Covid-19 maka pelaksanaannya hanya Ritual Paradje saja.

“Kita hanya melaksanakan Ritual Paradje saja, yaitu ritual pembacaan doa untuk membersih dari hal-hal yang buruk di daerah kita ini. Saat ini bertepatan juga dengan kita sedang melawan pandemi Covid-19, sehingga kegiatan ini sangat tepat sekali, agar di daerah kita terhindar dari Covid-19,” kata Bupati Sanggau.

Bupati juga berpesan untuk menjaga imun dan melakukan vaksinasi, serta tak lupa juga doa-doa yang dilakukan secara adat istiadat tersebut sangat membantu dan merupakan sebuah tradisi yang mulia.

Dalam kesempatan yang sama, Pangeran Ratu Surya Negara, H. Gusti Arman menyampaikan bahwa ritual ini merupakan salah satu ritual untuk pembersih negeri. Artinya pembersih negeri ini untuk dapat menghilangkan berbagai macam penyakit, baik itu bersifat wabah penyakit seperti pandemi Covid-19.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Forkompimda, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, para organisasi kemasyarakatan, Tokoh Adat dan Tokoh Agama. (Dwi.foto.dok. Humas Sanggau).

Related posts