Selamat Hari Bidan Nasional 2022

Jakarta, GPriority.co.id – Selamat Hari Bidan Nasional untuk para bidan di Indonesia. Perayaan hari bidan tahun ini mengusung tema “Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju”.

Mengutip dari laman resmi Ikatan Bidan Indonesia, bidan adalah perempuan lulusan dari pendidikan bidan serta diakui oleh pemerintah dan organisasi profesi wilayah Negara Republik Indonesia. Bidan mengemban amanah sebagai garda terdepan dalam peningkatan akses kesehatan tiap perempuan mulai dari kehamilan, persalinan, serta kesehatan ibu dan anak baik yang masih bayi ataupun yang sudah balita.

Diketahui bahwa 24 Juni juga bertepatan dengan hari jadi Ikatan Bidan Indonesia (IBI). Merangkum dari sumber yang sama, sejarah ditentukan Hari Bidan Nasional adalah ketika tanggal 24 Juni 1951 diadakan konferensi bidan pertama yang dihadiri oleh bidan-bidan senior di Jakarta. Tokoh bidan senior yang memprakarsai konferensi tersebut diantaranya Ibu Selo Soemardjan, Ibu Fatimah, Ibu Sri Mulyani, Ibu Salikun, Ibu Sukaesih, Ibu Ipah dan Ibu S. Margua.

Dibentuknya IBI kala itu sebagai salah satu hasil dari konferensi bidan pertama berdasarkan landasan yang kuat serta arah yang benar bagi perjuangan bidan selanjutnya yaitu dengan mendirikan sebuah organisasi profesi bernama Ikatan Bidan Indonesia (IBI), berbentuk kesatuan, bersifat Nasional, berazaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Para bidan senior yang memprakarsasi konferensi tersebut memproklamasikan bahwa IBI sebagai satu-satunya organisasi resmi bagi para bidan di Indonesia.

Dengan diperingati Hari Bidan Nasional ini diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme agar mampu memberikan pelayanan sesuai dengan standar dan kewenangan profesi. Selain itu, memperkuat eksistensi pelayanan kesehatan primer melalui optimalisasi pelayanan kebidanan.

Semoga harapan-harapan baik hari ini dapat terwujud untuk kedepannya. Selamat Hari Bidan Nasional 2022. (Gs.Foto.Istimewa)

Related posts