Simak! Aturan Memanfaatkan Rest Area saat Mudik Lebaran 2024

Jakarta, GPriority.co.id – Mudik menggunakan kendaraan pribadi selalu menjadi andalan. Pada mudik tahun 2024, diprediksi proporsi perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi diperkirakan sebesar 18,29 persen atau kurang lebih 35,42 juta orang. Untuk puncak lalu lintas mudik terjadi pada H-4 dan H-2 Lebaran yaitu pada rentang 6 dan 8 April 2024. 

Situasi ini tentu memungkinkan terjadinya penumpukan di ruas jalan, termasuk tol. Selain itu, keberandaan rest area juga perlu diperhatikan. Saat menggunakannya kamu harus ingat beberapa aturan seperti, parkir yang sesuai hingga durasi istirahat.

Berikut beberapa aturan memanfaatkan rest area saat mudik lebaran 2024.

1. Parkir seusai tempatnya

Menggunakan rest area perlu memperhatikan lokasi parkir yang telah ditentukan pengelola. Biasanya, lokasi parkir sudah ditandai dengan garis sesuai dimensi kendaraan kamu. Alangkah baiknya jika memilih tempat parkir tidak jauh dari tempat beristirahat supaya dapat memantau kendaraan lebih mudah. 

Terkhusus kendaraan pribadi, hindari memarkir mobil besar seperti bus dan truk karena mobil berpotensi tidak terlihat dan dapat berakibat fatal.

2. Jaga kebersihan rest area

Menjaga kebersihan dimanapun merupakan keharusan. Saat menggunakan rest area ketika mudik lebaran juga diwajibkan untuk itu. Jangan sampai mengganggu kenyamanan penggunan kendaraan yang lain karena sampah berserakan hingga menimbulkan bau.

3. Bijak dalam menggunakan fasilitas

Menggunakan fasilitas rest area sesuai peruntukannya Seperti toilet,tempat ibadah, dan tempat makan. Gunakan fasilitas tersebut dengan bijak dan patuhi peraturan yang ada. Apabila terdapat antrian, bersabarlah dan tidak memotong antrian atau berlaku tidak sopan kepada penggunjung lainnya. 

4. Beristirahat secukupnya

Durasi istirahat saat di rest area juga harus diperhatikan. Kepolisan telah mengimbau kepada pengguna kendaraan untuk memanfaatkan waktu istirahat dengan baik. Pasalnya, pemudik hanya diberi waktu selama 30 menit.
 
“Kita sudah berkoordinasi dengan Badan Pengelola jalan tol ada beberapa pola atau cara bertindak yang coba kita lakukan yang pertama yaitu membatasi waktu istirahat selama 30 menit kepada seluruh pemudik,” kata Direktur Ditlantas Polda Jawa Barat, Kombes Wibowo, di Bandung, Rabu (3/4).

5. Jaga barang bawaan

Walaupun rest area adalah tempat untuk beristirahat, tetap waspada terhadap potensi kejahatan seperti pencurian. Jaga barang bawaan kamu, jangan tinggalkan barang berharga di dalam kendaraan dan pastikan untuk mengunci kendaraan dengan baik sebelum meninggalkannya.

6. Periksa kembali kendaraan

Sebelum meninggalkan rest area untuk melanjutkan perjalanan mudik, periksa secara menyeluruh kondisi kendaraan Anda. Periksa tekanan angin ban, cek mesin, bahan bakar dan pastikan semua peralatan berfungsi dengan baik. 

Memeriksa kondisi kendaraan ini berfungsi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil berhenti di tengah perjalanan ataupun kecelakaan. 

Foto: GPriority