Sunah Sebelum Shalat Id

Penulis : Haris Sunandar | Editor : Lina F. | Foto : Istimewa |

Jakarta,GPriority.co.id-Hanya menunggu hitungan hari Ramadan 1444 H akan meninggalkan kita.

Saatnya merayakan hari kemenangan dan melaksanakan shalat Id dihari raya idul Fitri.

Namun sebelum melaksanakan shalat ada beberapa sunah yang diajarkan Rasulullah SAW, diharapkan kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik bahkan setelah Ramadhan.

Dikutip dari laman resmi NU, berikut ini adalah sejumlah amalan-amalan sunah sebelum melaksanakan shalat idul Fitri.

1. Perbanyak mengucap takbir.
Salah satu sunah Nabi Muhammad SAW sebelum sholat Idul Fitri adalah mengucapkan takbir. Bahkan dimulai sejak malam sebelum Idul Fitri. Atau biasa disebut malam takbiran.

2. Mandi sebelum melaksanakan shalat Id
Mandi adalah salah satu sunah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya:

“Dan dari Amdullah bin Abbas Raliyallahu Anhuma, ia berkata, ‘Bahwasannya Nabi Sallallahu Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Ibnu Majah)

3. Menggunakan pakaian terbaik
Sebelum sholat Idul Fitri, disunahkan untuk memakai pakaian terbaik. Hal ini disampaikan dalam salah satu hadis yang artinya:

“Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya.” (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak)

4. Makan sebelum shalat idul Fitri
Nabi Muhammad SAW selalu menyempatkan diri untuk makan sebelum melaksanakan sholat Idul Fitri. Rasulullah bersabda yang artinya:

“Janganlah keluar pada hari Idul Fitri sampai dia makan dulu, dan janganlah makan ketika hari Idul Adha sampai dia sholat dulu.” (HR. At Tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Ahmad)

5. Saling mengucapkan salam
Amalan sunah lainnya yaitu saling mengucapkan selamat saat bertemu sanak saudara. Ucapannya berupa doa seperti “Taqabbalallahu minna wa minkum” yang artinya semoga Allah menerima amalan kami dan kalian.

Itulah lima sunnah yang dilakukan sebelum shalat idul Fitri. Semoga bermanfaat.