Tari Khas Nusantara Dari 22 Etnis Digelar Kutai Timur

Pagelaran Tari Khas Nusantara terdiri dari 22 etnis telah digelar di Polder Ilham Maulana, Sangatta Utara, Kutai Timur, selama tiga hari dari tanggal 29 – 31 Oktober 2021.

Berbagai etnis tampil di acara tersebut, menunjukan bahwa Kutai Timur terdiri dari berbagai etnis, diantaranya etnis Dayak, Kutai, Bugis, Jawa, Toraja, Flores, Minahasa dan lain-lain.

Puncak acara Pagelaran Tari Khas Nusantara itu pun berlangsung meriah, dan pada Minggu (31/10/2021) malam pagelaran ditutup oleh Wakil Bupati Kasmidi Bulang.

Kasmidi Bulang menyampaikan event ini merupakan pengobat kerinduan karena selama dua tahun tidak bisa melaksanakan berbagai acara karena adanya pendemi Covid-19.

“Karena Covid-19 kita dibatasi dengan aturan untuk menggelar acara. Dan Alhamdulillah sampai kemaren kita tersisa 14 orang yang terkonfirmasi aktif Covid-19 yang menyebar di lima kecamatan,” katanya.

Namun untuk vaksinasi, Kutim masih diangka 44 persen, dirinya meminta kepada masyarakat yang belum vaksin untuk datang di tempat yang telah disediakan. 

“Kita ingin mengadakan kegiatan seperti ini dengan aturan sedikit longgar dengan cara masuk PPKM level 2, mari kita bersama-sama mengejar itu agar kegiatan bisa lebih terbuka lagi,” ujarnya. 

Terakhir Kasmidi mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah ikut berpartisipasi meramaikan kegiatan HUT Kutim ke 22. Dan memastikan kegiatan tersebut akan dilaksanakan setiap tahun di hari jadi Kutai Timur serta bisa menjadi kegiatan unggulan.

“Sehingga saudara-saudara dari sanggar seni bisa mempersiapkannya setiap tahun,” pungkasnya. (Dw.Foto.dok.Diskominfo Kutim)

Related posts