Tradisi Unik Dihari Peh Cun

Peh Cun merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh etnis Tionghoa, jatuh pada hari 5 bulan 5 penanggalan Imlek. Tradisi ini juga biasanya disebut dengan hari Bakcang.

Seperti diketahui hari Peh Cun tahun 2021 jatuh pada Senin (14/06). Tradisi makan bakcang sendiri sudah ada sejak zaman Qun Chiu (722 SM – 481 SM). Bakcang melambangkan nasi atau beras bungkus yang dilempar ke sungai. Bakcang dibungkus dengan daun membentuk runcing seperti tanduk sapi. Keempat sisinya melambangkan arti dan harapan baik.

Berikut beberapa tradisi unik yang biasa dilakukan saat hari Peh Cun:

1.Lomba perahu naga

Suku bangsa kuno Yue yang awalnya melakukan tradisi lomba perahu naga. Para warga menato gambar naga di tubuh mereka, juga memotong rambut. Hal tersebut dilakukan agar mereka mendapatkan perlindungan dari naga ketika hari 5 bulan 5 kalendar lunar China. Perahu yang digunakan adalah perahu sangat panjang, sempit, dan digerakan oleh tenaga manusia. Perahu biasanya dihias dengan kepala dan ekor naga. Peserta diharuskan untuk membawa genderang besar dalam perahunya.

2.Menggantung rumput Ai dan Changpun

Hari Peh Cun yang jatuh pada musim panas biasanya dianggap sebagai bulan-bulan yang banyak penyakitnya. Sehingga, dilakukan pembersihan dan menggantungkan rumput Ai dan Changpu di depan rumah untuk mengusir dan mencegah datangnya penyakit.

3.Mandi tengah hari

Masyarakat mengambil dan menyimpan air pada tengah hari Festival Peh Cun, karena dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Bisa digunakan untuk mandi atau diminum setelah dimasak.

4.Mendirikan telur

Tahu sulitnya membuat telur berdiri? Kata orang tua zaman dulu, hanya satu hari dalam setahun di mana telur bisa berdiri, yaitu di Hari Bakcang tepat jam 12 siang saat matahari memancarkan cahaya terkuat. Gaya gravitasi di hari tersebut adalah yang terlemah, sehingga telur bisa berdiri. Syaratnya adalah telur tidak dicuci, telur tidak boleh dimasukkan ke dalam kulkas, dan jangan direbus. (VIA)

 

 

Related posts