Untuk Pertama Kalinya HUT ke-44 Dekranas Diadakan di Solo, Ada Pameran dan Pawai Budaya

Jakarta, GPriority.co.id – Untuk pertama kalinya dalam memperingati HUT Dekranas (Dewan Kerajinan Nasional) ke-44, akan diselenggarakan di kota Surakarta, Solo. Pada tahun ini Dekranas mengangkat tema “Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa”. Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian dalam ‘Konferensi Pers Hut Dekranas ke-44′, pada Rabu (8/5) kemarin di Press Room Kementerian Kominfo, Jakarta.

”Dekranas diharapkan dapat membangun ekonomi pemerintah Indonesia. Terutama dari sektor kerajinan nasional dan melestarikan budaya Indonesia,” ujar Tri.

Adapun diakui Tri, Dekranas Expo di tahun ini terdapat perbedaan dengan tahun sebelumnya. Dimana, tahun ini untuk pertama kalinya Dekranas diadakan di luar Jakarta.

“Dengan tahun lalu, puncak acara dan visi-misinya sama. Namun di tahun ini diadakan di Solo, Surakarta. Untuk pertama kalinya di luar Jakarta dan ada pawai kendaraan (budaya) juga expo,” tuturnya lebih lanjut.

Terkait pelaksanaan Dekranas Expo 2024, Loemongga Agus Gumiwang yang merupakan Ketua Panitia Pelaksana HUT Dekranas ke-44, mengatakan jika acara ini akan berlangsung selama 4 hari.

“Perayaan hari ultah Dekranasda akan dilaksanakan di 15-18 Mei 2024. Nantinya ada expo (pameran) di Pura Mangku Negara. Ada UMKM dari 38 provinsi di Indonesia, serta ada 257 booth. Ada juga pawai budaya pada 15 Mei sore, yang menghadirkan 100 lebih mobil hias Dekranasda, kabupaten kota, dan dengan tema yang unik, serta ada penjuriannya juga,” ungkap Loemongga.

Lebih lanjut Loemongga mengatakan, jika nantinya terdapat ribuan ibu-ibu PKK yang hadir. Serta yang tak kalah menarik, akan ada hiburan dari musisi Indonesia di setiap malamnya.

“Di expo tiap malam ada hiburan seperti Maliq & D’Essentials, Giring (ex Nidji), Wizzy, Yovie and The Nuno, dan semuanya gratis. Serta ada juga ratusan stand kuliner aneka jajanan khas Solo,” jelas Loemongga.

Foto : YouTube / Ditjen IKP Kominfo