Vaksin Menekan Alokasi Anggaran Kesehatan

Jakarta, Gpriority- Tidak dapat dipungkiri akibat Covid-19 biaya kesehatan menjadi lebih tinggi dibandingkan pemasukan yang didapat dari pertumbuhan ekonomi.Kementerian Kesehatan mencatat lebih dari 80% anggaran pemerintah terserap untuk biaya pengobatan dan perawatan.

” Jika ini tidak disiasati, otomatis negara akan kembali terkena resesi ekonomi.Nah salah satu cara mengatasinya adalah melalui vaksinasiVaksinasi Covid-19 akan meringankan gejala yang ditimbulkan jika terpapar virus tersebut sehingga angka perawatan intensif bisa ditekan.” jelas Menkes Budi Gunadi Sadikin dalam webinar Pekan Imunisasi Dunia yang dipantau dari Jakarta, Sabtu (8/5).

Lebih lanjut dikatakan Budi Gunadi Sadikin,sesuai arahan Presiden Joko Widodo, Kemenkes juga sudah memutuskan bahwa mulai tahun 2022 Indonesia akan melakukan vaksinasi untuk 14 antigen secara nasional, sebagai upaya promotif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, dan menekan biaya kuratif yang tidak terkontrol.

“Kami sudah memutuskan Indonesia tahun depan akan melakukan vaksinasi untuk 14 antigen secara nasional. Kita akan melakukan vaksinasi PCV dan HPV secara nasional dan kita akan menambah vaksinasi Rotavirus juga,” kata dia.

Langkah yang diambil Menkes, mendapat dukungan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Menurut Humas IDAI Hartono Gunardi, dengan adanya Imunisasi dapat menekan 2 juta angka kematian.(Hs)

Related posts