Visi-Misi Anis: Ini Negara Hukum Bukan Kekuasaan, Hukum Itu Milik Semua

Penulis : M. Hilal | Editor : Dimas A Putra | Foto : GP Hilal

Jakarta, GPriority.co.id – Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menyampaikan visi misi dalam debat pertama Capres 2024.

Anis berjanji akan menegakkan hukum secara adil untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Anis menegaskan bahwa Negara Indonesia merupakan negara hukum dan bukan negara kekuasaan. Karenanya ia menyebut kekuasaan harus diatur oleh hukum yang berlaku, bukan sebaliknya.

Lebih lanjut, ia mengatakan penegakan hukum yang adil harus dijalankan oleh pemegang kekuasaan. Namun yang terjadi saat ini, banyak peraturan yang ditekuk sesuai dengan kepentingan – kepentingan tertentu.

“Pada hari-hari ini pemerintahan sering tidak sesuai dengan prinsip-prinsip hukum yang dipegang. Karena itu saya melihat  perubahan harus dikembalikan pada konsep negara hukum dan bukan negara kekuasaan,” ungkap Anis saat memaparkan visi misinya saat debat Capres di KPU RI, pada Selasa (12/12).

“Maka dari itu, dalam negara hukum, kekuasaan diatur oleh hukum. Dalam negara kekuasaan, hukum diatur oleh penguasa dan kita tidak menginginkan itu terjadi,” sambungnya.

Kendati demikian, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1 ini hadir untuk memberikan komitmen dari puncak sampai ke bawah. Ia menyebut akan tegakkan hukum pada siapa saja dan akan kembalikan marwah kehidupan bernegara yang menempatkan hukum sebagai tempat yang paling tinggi dan ketentuan itu berlaku pada semua termasuk ketika menyangkut urusan ASN menyangkut urusan TNI dan Polri.