Wapadai Gangguan Prostat Sejak Dini


Gangguan prostat merupakan penyakit yang umumnya dialami pria 50 tahun keatas. Meskipun begitu, sangat penting bagi kita mengenal masalah kesehatan ini sejak dini untuk mengantisipasi gangguan prostat dimasa mendatang.

Prostat sendiri adalah kelenjar pada sistem reproduksi pria yang membungkus saluran kemih atau uretra. Berfungsi untuk mengeluarkan cairan atau air mani yang menyuburkan dan melindungi sperma.

Normalnya ukuran kelenjar prostat itu sebesar biji kenari dan akan semakin besar seiring bertambahnya usia, namun jika prostat terlalu besar atau mengalami masalah maka akan menimbulkan gangguan kesehatan.

Ada berbagai macam gangguan pada prostat, salah satu yang menjadi ancaman adalah kanker prostat. Kanker ini sendiri terjadi karena adanya pertumbuhan sel secara abnormal pada kelenjar prostat yang dapat menyebabkan prostat menjadi membesar, mengeras, serta berbenjol-benjol.

Penyebab kanker prostat sendiri masih belum diketahui secara pasti. Menurut berbagai penelitian, penyebabnya diduga mutasi gen tertentu. Pria yang memiliki riwayat kanker prostat dalam keluarganya lebih berisiko mengalami penyakit ini.

Selain itu ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena kanker prostat yaitu faktor usia, obesitas, pola makan kurang serat seperti kurang asupan antioksidan (likopen), paparan bahan kimia, dan menderita penyakit menular seksual.

Pada tahap awal penderita tidak terlalu merasakan gejala yang signifikan, namun pada stadium lanjut kanker makin membesar dan kelenjar prostat mengalami peradangan, penderita akan merasakan gejala berupa gangguan buang air kecil, penurunan aliran urine, nyeri tulang dan rasa tidak nyaman di area panggul, serta adanya darah pada urine dan air mani.

Adapun untuk pengobatannya, dokter akan menentukannya berdasarkan tingkat keparahan kanker dan kondisi pasien secara keseluruhan. Metode pengobatan yang dapat dilakukan adalah operasi, radioterapi, terapi hormon, kemoterapi, dan krioterapi.

Upaya pencegahan kanker prostat perlu dilakukan untuk mengurangi risiko terbentuknya sel kanker tersebut. Adapun cara pencegahan kanker prostat yang sederhana dengan mengubah kebiasaan atau pola hidup menjadi lebih sehat.

Yaitu kurangi konsumsi lemak hewani dan produk susu, perbanyak makan sayur dan buah, minum tek hijau dan susu kedelai. Selain itu juga hindari merokok, olahraga secara teratur, jaga berat badan ideal, dan tidak mengonsumsi suplemen vitamin E berlebihan.

Jika kanker prostat terdeteksi sejak dini, maka peluang untuk sembuh dari kanker tersebut pun tinggi. Maka dari itu penting bagi kita untuk menjaga pola hidup sehat, dan jika memiliki faktor resiko atau mengalami ganguan pada prostat akan lebih baik periksanakan diri sesuai anjuran dokter.(Dwi)

Related posts