Yane Ardian Gagas Masker Kain, Jateng Belum Terapkan PSBB, Pemprov Jatim Siapkan Lahan Jenazah Covid-19

Jakarta,Gpriority-Semakin meningkatnya Penyebaran Covid-19 membuat ketersediaan alat pelindung diri (APD) seperti masker cukup langka di pasaran. Dan jikalapun ada harganya pun melonjak tinggi.

kondisi inipun disikapi Istri Walikota Bogor, Yane Ardian untuk menggagas gerakan yang dinamakan Sejuta Masker Kain untuk Kota Bogor. 

Yane menuturkan banyak warga yang masih tidak menggunakan masker lantaran keberadaan masker sangat sulit dan mahal. Padahal WHO dan pemerintah mewajibkan seluruh masyarakat menggunakan masker, terutama saat keluar rumah. 

“Dan tidak semua warga paham tentang manfaat pakai masker untuk cegah droplet dari bersin atau batuk seseorang. Itulah kita perlu gerakan bersama untuk pengadaan masker dalam bentuk kain,” ucap Yana.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Belum akan melakukan PSBB seperti DKI Jakarta. Menurut Gubernur Jateng Ganjar Pranowo karena social distancing maupun physical distancing sudah berjalan cukup baik di daerahnya.

Di Jawa Timur, Pemerintah Provinsi telah menyiapkan 9 lahan pemakaman bagi jenazah yang terpapar covid-19. Penyediaan lahan pemakaman ini dilakukan oleh Pemprov Jatim guna merespon sejumlah penolakan jenazah kasus covid-19 yang sempat muncul di beberapa daerah lantaran adanya stigma dan ketakutan di masyarakat.

Dengan adanya lahan ini diharapkan bisa memberikan kenyamanan bagi keluarga korban. Untuk penanganan jenazah, Gubernur Jatim  mengatakan sudah sesuai dengan protokol yang ditetapkan kementerian kesehatan.(Hs)

 

 

Related posts