10 Ide Bisnis Bagi Mahasiswa Dengan Modal Minim dan Tidak Mengganggu Jadwal Kuliah


Jakarta,GPriority.co.id-Sebagai mahasiswa, kendala finansial seringkali dialami. Hal ini lantaran kebutuhan sebagai mahasiswa sangat banyak, mulai dari membeli buku, biaya transport, membayar SPP, kos-kosan, dan masih banyak lagi. Dengan kebutuhan yang banyak itu, uang tambahan sangatlah diperlukan. Sayangnya, menyiasati ini dengan bekerja justru malah akan mengganggu waktu kuliah.

Masalah ini sebenarnya bisa disiasati dengan membuka bisnis sendiri. Saat ini, ada cukup banyak pilihan ide bisnis untuk mahasiswa yang memiliki potensi tinggi dan cukup menjanjikan. Berbagai pilihan bisnis bisa dijalankan di waktu luang dan tidak mengganggu jadwal kuliah Bahkan, beberapa diantaranya dapat dijalankan tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar.

Nah, mau tahu ide bisnis apa saja itu? Berikut ini rekomendasi 10 ide bisnis untuk mahasiswa dengan modal minim dan tidak menyita waktu kuliah:

1.Menjual Barang Bekas (Preloved)
Preloved adalah barang bekas pakai berkualitas tinggi dan masih layak pakai yang dijual kembali. Biasanya barang-barang ini dijual kembali oleh pemiliknya dengan harga yang jauh lebih murah dari harga aslinya. Barang yang biasa dijual pun sering kali bermerk, mulai dari pakaian, buku, hingga produk perawatan diri. Pemasarannya bisa melalui sosial media ataupun aplikasi yang menjual barang-barang bekas. Kamu juga bisa memasarkannya ke teman satu kampus agar bisnis prelovedmu semakin berkembang.

2.Bisnis Jasa Penerjemah
Kalau kamu bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, kamu bisa memulai membuka jasa penerjemah. Saat ini banyak content creator dan perusahaan yang membutuhkan jasa penerjemah. Apalagi bisnis ini tidak perlu modal sama sekali. Kalau kamu memutuskan jadi freelancer, waktu kerjamu juga lebih fleksibel, sehingga cocok untuk mahasiswa. Dari aspek finansialnya, uang yang bisa didapatkan dari profesi ini tidak sedikit. Bahkan, penerjemah lisan (interpreter) profesional bisa mendapatkan Rp 8 juta dengan bekerja selama 1 hari.

3.Membuka Les Privat
Bisnis yang satu ini juga menjadi salah satu pekerjaan paling umum di kalangan mahasiswa. Kamu dapat mengajar anak SD, SMP, hingga SMA melalui bimbingan belajar karena sampai saat ini banyak orang tua yang ingin memberikan pelajaran tambahan bagi anak-anaknya di rumah. Cukup memanfaatkan skill dan ilmu serta kemampuan komunikasi yang baik, kamu sudah bisa membuka les privat. Jika kamu memiliki keterampilan tertentu seperti vokal, bermain gitar, berenang, dan sejenisnya ini jauh lebih baik, karena guru di bidang non akademis jumlahnya tidak banyak dibandingkan guru les akademis.

4.Bisnis Pulsa dan Paket Internet
Bisnis pulsa elektrik dan paket internet memiliki peluang cuan yang sangat besar serta mudah dilakukan. Terlebih lagi di lingkungan akademik yang pasti selalu membutuhkan koneksi internet. Kamu hanya perlu menyiapkan modal awal kurang dari Rp50 ribu. Dalam sekali penjualan, kita bisa mendapatkan keuntungan mulai dari Rp500 hingga Rp1.500. 

5.Online Shop (Olshop)
Berdasarkan riset di tahun 2021, masyarakat Indonesia lebih banyak berbelanja secara online dibandingkan belanja offline. Peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka online shop. Jika belum punya modal yang cukup untuk menjual produkmu sendiri, kamu bisa menjadi reseller atau dropshipper.

Untuk jasa reseller kamu bisa membeli produk dari supplier dalam jumlah banyak. Biasanya, harga yang ditawarkan juga akan lebih murah. Kemudian kamu bisa menjual barang tadi dengan harga lebih mahal. Sementara jasa dropshipper, kamu menjual barang miliki supplier dan kemudian pembeli akan membeli barang tersebut dari dropshipper. Dari pembelian tersebut kita bisa mengambil keuntungan setidaknya 3 persen dari harga barang yang dijual.

6.Bisnis Makanan
Bisnis makanan, baik makanan berat ataupun makanan ringan sama-sama menguntungkan, bergantung dari keahlianmu memanfaatkan peluang pasar. Kamu bisa menjual sarapan pagi. Bisnis ini dijamin laku, karena mahasiswa yang berkuliah pagi hari biasanya tidak sempat sarapan. Selain menjual sarapan, menjual makanan ringan atau snack juga tidak kalah menguntungkan. Makanan ringan seperti makaroni goreng, tahu kremes, seblak goreng atau bisa juga minuman kopi susu, boba, milk tea, dan sebagainya. Modal yang perlu dikeluarkan juga tidak lebih dari Rp500 ribu. 

7.Bisnis Print Online
Terkadang hahasiswa tidak memiliki waktu untuk mencetak tugas lantaran waktunya padat dengan aktivitas kampus dan tugas. Jika kamu adalah mahasiswa yang memiliki printer di rumah, membuka jasa print online di kalangan mahasiswa patut dicoba. Jika tidak punya printer, kamu juga bisa membuat jasa titip print yang juga tidak kalah menguntungkan. Sebaiknya, sediakan jasa pengiriman juga agar mahasiswa semakin dimudahkan dan akhirnya tertarik dengan jasa print yang kamu tawarkan.

8.Jasa Desain Grafis
Desain grafis diperlukan oleh hampir semua bisnis dan event-event. Ini karena perusahaan, organisasi, maupun perorangan semakin banyak merambah ke dunia digital tapi mereka tidak semuanya ahli dalam hal desain grafis. Desain banyak diperlukan untuk keperluan usaha ataupun event-event, sehingga membuka jasa desain merupakan ide bisnis untuk mahasiswa yang patut dicoba. Kamu juga tidak perlu modal sama sekali, selain laptop atau komputer dan skill desain grafis yang kamu miliki.

9.Penulis Lepas
Seiring dengan semakin tingginya kebutuhan konten, menjadi penulis lepas merupakan profesi yang banyak dibutuhkan. Jenis usaha ini juga mudah dikerjakan dan tidak perlu mengeluarkan modal besar, cukup dengan innternet dan laptop, serta kemampuan menulis yang fleksibel, imajinatif, dan kreativ kamu sudah bisa menawarkan jasa mu pada klien. Selain itu, usaha sebagi penulis lepas dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Pencarian klien pun mudah karena ada banyak platform online yang bisa memfasilitasi

10.Fotografer dan Videografer Lepas
Industri kreatif semakin berkembang sehingga banyak bisnis atau kebutuhan sekarang yang membutuhkan jasa foto dan video. Namun, sebagai permulaan, kamu bisa melakukan promosi dengan menargetkan orang-orang terdekat, seperti teman kampus, kerabat yang merayakan ulang tahun, perkawinan, dan sejenisnya. 

Modal yang diperlukan hanya kamera dan laptop untuk keperluan editing. Memulai usaha ini dengan kamera handphone juga bisa. Sebab, kamera handphone saat ini juga telah memiliki kualitas yang cukup baik. Selain itu, saat ini banyak aplikasi editing handphone yang bisa dimanfaatkan untuk mempercantik hasil foto. Standar harga yang bisa menjadi acuan adalah sekitar Rp1 juta hingga Rp5 juta. Namun, harga tersebut disesuaikan kembali dengan jenis proyek foto yang dikerjakan. 

Itulah, rekomendasi 10 ide bisnis untuk mahasiswa yang tidak butuh modal besar dan tidak menyita waktu kuliah. Jadi, meskipun kamu seorang mahasiswa, kamu juga bisa menghasilkan uang sendiri tanpa mengorbankan waktu belajarmu. (Vn.Foto.Istimewa)

 

Related posts