5 Tips Merawat Kamera Terhindar dari Jamur

Jakarta, GPriority.co.id – Kamera merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menangkap gambar melalui cahaya. Alat juga perlu dirawat dengan baik dan sepenuh hati. Jika tidak dirawat dengan baik maka banyak permasalahan yang muncul menyerang kamera anda.

Permasalahan yang sering ditemui oleh seseorang yang memiliki kamera adalah munculnya jamur. Jamur yang dimaksud adalah bercak putih yang muncul pada kaca lensa yang disebabkan oleh kondisi sektiar kamera yang lembab.

Lalu bagaimana cara merawat kamera agar terhindar dari jamur? Ini dia 5 tips merawat kamera agar terhindar dari jamur.

1. Jauhkan Kamera dari Air

Air merupakan salah satu penyebab banyaknya permasalahan yang muncul dari kamera. Maka hindari air pada seluruh komponen kamera guna menghindari munculnya jamur pada kamera.

2. Jangan terlalu lama menyimpan kamera pada tas

Tas kamera yang terbuat  dari bahan kain juga dapat memicu jamur muncul pada kamera. Hal ini terjadi karena kondisi yang lembab lalu menumbuhkan jamur pada kamera anda. Jika selesai digunakan maka simpan kamera pada ruangan yang bersih.

3. Gunakan silica gel pada tempat penyimpanan kamera

Penggunaan silica gel pada tempat penyimpanan kamera berfungsi sebagai penyerap kelembapan  suhu ruangan. Dengan menaruh silica gel pada tempat penyimpanan kamera, dapat membuat suhu ruangan tempat penyimpanan kamera anda menjadi kering dan terhindar dari jamur.

4. Kurangi aktifitas bongkar pasang lensa kamera

Membuka tutup kamera dapat membawa debu yang membuat sensor kamera anda tumbuh jamur. Jika tidak sering mengganti kamera, cukup cek sensor kamera secara berkala guna mengontrol kebersihan yang ada pada kamera.

5. Hindari mebersihkan kamera menggunakan lap atau kain

Lap atau kain dapat membawa debu dan bakteri yang memicu munculnya jamur. Gunakan cleaning kit yang ada dipasaran guna membersihkan lensa kamera atau body kamera dengan baik dan benar.

Itulah 5 tips merawat kamera dari jamur semoga bermanfaat.

Penulis : Hadimas Kamal
Foto : Pinterest