68 Hari Menuju Ramadhan 2024, Sudahkah Anda Mengganti Hutang Puasa Tahun Lalu?

Jakarta, GPriority.co.id – Tak terasa 68 hari lagi menuju bulan suci Ramadhan 2024. Bulan Ramadhan 2024 akan dimulai pada Minggu, 10 Maret sampai dengan Selasa, 9 April 2024.

Untuk menghadapi bulan suci Ramadhan 2024, ada beberapa persiapan yang perlu jadi perhatian umat islam. Pertama persiapan ruhiyah (keimanan), persiapan jasadiyah (fisik), persiapan tsaqafiyah/fikriyah (keilmuan), dam persiapan maaliyah (harta).

Dalam persiapan ruhiyah (keimanan), hal yang seringkali disepelekan terutama bagi kaum perempuan, adalah mengganti hutang puasa pada tahun sebelumnya karena halangan (haid).

Padahal mengqadha (mengganti) hutang puasa pada tahun sebelumnya hukumnya wajib, berdasarkan hadis berikut ini :

كَانَ يُصِيْبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ. [رواه مسلم عن عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا.

Artinya: “Adalah kami mengalami (haidl), kami diperintahkan qadla’ puasa dan tidak diperintah qadla shalat.” [HR. Muslim dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha].

Wanita wajib mengganti hutang puasanya, sejumlah dengan hari puasa yang ia tinggalkan pada bulan Ramadhan tahun lalu.

Mengqadha puasa bisa dilakukan dengan puasa senin-kamis, puasa nabi daud, atau berdasarkan kemauan dan kemampuan kita dalam mengqadha hutang puasa, asalkan memang niat untuk menjalankannya.

Adapun untuk tata cara melakukan qadha puasa sama seperti saat melaksanakan puasa Ramadhan. Hanya saja berbeda pada pelafalan niatnya. Berikut ini adalah pelafalan niat qadha puasa Ramadhan :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ رَمَضَانَ لِلَّهِ تَعَالَى

Artinya: “Saya niat berpuasa untuk mengganti puasa Ramadan karena Allah Ta’ala.”

Foto : Freepik