Championship Series Liga 1 Indonesia Resmi Gunakan VAR, Madura United Beri Respon Positif

Jakarta, GPriority.co.id – Madura United sambut positif penggunaan Video Assistant Referee (VAR) pada babak Championship Series Liga 1 Indonesia musim ini. Menurut pelatih Madura United, Mauricio Souza, penggunaan VAR akan meningkatkan kualitas pertandingan dan mengurangi kesalahan keputusan wasit.

“Saya pikir ini momentum yang tepat untuk menggunakan VAR. Saya pikir VAR bisa membawa fair play. Saya pikir VAR bagus di momen ini. Saya berharap pada musim depan sudah ada VAR sejak mulai kompetisi,” ungkap Mauricio dilansir laman resmi Liga Indonesia, Minggu (12/5).

Kapten Madura United, Fachruddin Aryanto, juga menyatakan kebahagiannya atas penggunaan VAR dan yakin bahwa sepak bola Indonesia akan terus berkembang. “Ini bukti perkembangan sepak bola di Tanah Air. Saya berharap ini bisa menjadi titik awal kebangkitan sepak bola Nasional,” jelas Fachruddin.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator kompetisi BRI Liga 1 2023/24, mensosialisasikan penggunaan VAR dalam babak Championship Series kepada skuad Madura United FC, Jumat (10/5) lalu. Tim pelatih dan pemain Madura United mengikuti sosialisasi untuk memahami penggunaan VAR dalam pertandingan sepak bola.

Madura United menjadi tim terakhir yang mendapat kesempatan sosialisasi penerapan VAR untuk babak Championship Series, setelah sebelumnya LIB melakukan sosialisasi kepada Persib Bandung, Bali United FC, dan Borneo FC.

Selanjutnya, penggunaan VAR akan diterapkan pada babak Championship Series BRI Liga 1 2023/24, termasuk saat Madura United menjamu Borneo FC Samarinda di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Rabu (15/5) mendatang.

Penulis: Ahmad Faqih Zuhair

Foto: PT LIB