Dekranasda Sinjai Belajar Kerajinan Bambu ke Sleman

Dekranasda Sinjai Belajar Kerajinan Bambu ke Sleman

Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan memiliki potensi sumber daya alam khususnya bambu. Maka dari itu, untuk meningkatkan ekonomi, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sinjai Seto melakukan studi tiru ke Dekranasda Sleman.

Tepatnya di Sentra Pengrajin Bambu Tunggak Semi, Sumberagung, Kabupaten Sleman Provinsi Yogyakarta, Jum’at (17/12/21).

Ketua Dekranasda Sinjai, Hj. Andi Nurhilda Daramata mengatakan studi tiru ini dilakukan untuk melihat langsung aneka jenis kerajinan bambu yang telah meningkatkan ekonomi kerakyatan masyarakat Kabupaten Sleman.

“Melalui studi tiru ini, kita dapat mengetahui aneka kerajinan anyaman yang dihasilkan para pengrajin di Tunggak Semi ini,” katanya.

Pada kesempatan tersebut Ia didampingi beberapa pengurus Dekranasda Sinjai melihat berbagai macam anyaman yang dihasilkan para pengrajin bambu yang bukan hanya memanfaatkan bambunya saja tetapi serbuknya juga.

Usaha yang dirintis sejak lama menghasilkan produk yang sangat berkualitas dan bahkan telah di ekspor ke beberapa negara, apalagi Sinjai yang kaya akan potensi bambu sangat berpeluang untuk berkembang.

Pihaknya akan mencoba mendorong pengrajin bambu di Sinjai untuk mengadopsi beraneka jenis karya seni kerajinan dari bambu yang diolah para pengrajin bambu di Kabupaten Sleman.

“Nanti kita akan membawa pengrajin bambu dari Sinjai melakukan pelatihan kepada para pengrajin di Sleman ini. Kita sangat banyak memiliki bambu, tapi belum diolah secara maksimal,” tandasnya. (Dw.foto.dok.Humas Sinjai)

Related posts