Dyandra Promosindo Berkomitmen Untuk Terus Menciptakan Inovasi

Kamis (30/7/2020) PT Dyandra Media International Tbk (Dyandra) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Hotel Santika Premiere Slipi, Jakarta.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Komisaris Utama Dyandra, Lilik Oetomo, para Direksi memaparkan kinerja laporan Dyandra sepanjang 2019 yang mencatat laba bersih Rp 20,1 miliar dengan total pendapatan sebesar Rp. 980,1 miliar. Apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pendapatan Dyandra mengalami penurunan 5% dikarenakan beberapa faktor eksternal yang berada diluar kendali perseroan.

Selain itu dalam RUPS yang mengangkat tema “Optimizing Events Through Integrated Services” Perseroan berkomitmen untuk dapat terus memperbaiki kinerja, menciptakan inovasi, meningkatkan efisiensi, dan mengoptimalkan pendapatan serta laba yang lebih baik di tahun yang akan datang.

Tak hanya laporan tahunan,RUPS tahun ini juga menetapkan susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi baru. Berikut nama Dewan Komisaris dan Direksi Baru di Dyandra Promosindo.


Komisaris
Komisaris Utama : Lilik Oetama
Komisaris : Lo Stefanus
Komisaris Independen : Widi Krastawan

Direksi
Direktur Utama : Maryamto Sunu
Direktur : Ery Erlangga
Direktur : Hendra Noor Saleh (rangkap jabatan sebagai Corporate Secretary Perseroan & Direktur Utama PT. Dyandra Promosindo)
Direktur : Teuku Harimansjah Zagloel (rangkap jabatan sebagai Direktur Utama PT. Samudra Dyan Praga)
Direktur : Riyanthi Handayani (rangkap jabatan sebagai Direktur Utama PT. Nusa Dua Indonesia).

Dyandra Promosindo dalam RUPS-nya juga menggelar beberapa inisiasi strategis jangka pendek Dyandra di tahun 2020.

Pertama, Perseroan melakukan ekpansi bisnis, terutama di bidang leisure tourism. Selain mengelola kebun binatang Faunaland di Ancol, Dyandra melalui unit bisnis PT Mitra Natura Raya bekerjasama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga mengelola 4 Kebun Raya yaitu Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas, Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Eka Karya Bali. Dyandra melakukan upaya yang optimal untuk meningkatkan pelayanan dan fungsi Kebun Raya kepada publik sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung baik wisatawan lokal maupun international.

Kedua, Perseroan melalui unit bisnis PT. Dyandra Promosindo sudah mulai mengaplikasikan transformasi bisnis EO ke digital dengan mengembangkan konsep event online. Salah satunya dengan menyelenggarakan virtual seminar (webinar), virtual press conference dan virtual exhibitions dimana seluruh exhibition dan event yang akan diselenggarakan Dyandra Promosindo kedepannya akan mengusung bisnis konsep hybrid yang merupakan perpaduan antara pertemuan virtual dan fisik. Konsep ini sebenarnya sudah diterapkan dalam event Dyandra Promosindo beberapa tahun terakhir. Era digitalisasi sudah menjadi satu nafas kesatuan dengan pameran Dyandra. Namun dampak pandemi Covid-19, pameran hibrida dengan kesatuan digital makin terakselerasi untuk memenuhi kebutuhan kenormalan baru.

Selain itu, Dyandra Dyandra Promosindo juga akan mengadakan proyek kolaborasi terbesar di akhir tahun 2020. Proyek ini merupakan all in one event yang dikemas dengan nama Dyandra New Adventure (DNA) yang menghadirkan lima pameran sekaligus yaitu CREATE by IFEX, IIMS Motobike Show, Infinite Live, Black Market Week, dan Property Weekend Fiesta yang akan diselenggarakan pada 2-4 Oktober 2020 di JIExpo.

DNA akan diselenggarakan mengikuti protokol kesehatan dan keamanan dasar yang telah ditetapkan Pemerintah. Seperti pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker atau face shield, menerapkan physical distancing dan menyediakan sarana untuk cuci tangan/ hand sanitizer.

Dyandra Promosindo selaku professional event organizer juga akan menerapkan standar peraturan baru yaitu menyiapkan crowd controller dan gangway minimal 3 meter, dan para kontraktor akan diwajibkan memakai Standard Safety Uniform saat bekerja.

Ketiga, Perseroan melalui unit bisnis PT. Dyandra Global Edutainment menciptakan platform baru bernama WEEKENDERS.ID yang merupakan hasil inovasi dan kreativitas dari kondisi yang terjadi saat ini, dimana melakukan dan menyaksikan konser secara live streaming menjadi salah satu alternatif bagi para musisi dan penggemarnya untuk tetap dapat bertemu dan saling mengapresiasi.
WEEKENDERS.ID menyatukan event berbasis online dengan fitur private video call dan party chat dengan harapan akan mengobati kerinduan para pencinta event untuk menikmati sebuah event bersama dengan teman-teman seperti layaknya yang terjadi saat menikmati event offline. Acara perdana telah diselenggarakan pada tanggal 26 Juli 2020 yang menampilkan virtual concert Anormali (Anomali dan Normal) yaitu group musik indie asal Indonesia, Fourtwenty.

Keempat, dalam rangka mengantisipasi dampak Covid-19, Perseroan tetap memastikan efisiensi di setiap lini bisnis dijalankan dengan memastikan OPEX Perseroan terkendali dengan baik dan juga merestrukturisasi struktur organisasi. Perseroan juga menunda pembelanjaan CAPEX, khususnya untuk bisnis ruang konvensi dan pameran serta bisnis hotel sampai dengan bisnis tersebut dapat beroperasi kembali. Rencana investasi perseroan tahun ini juga ditunda sampai dengan tahun depan.# (Haris)

Related posts