Hari Dewi Kuan Yin Mencapai Kesempurnaan

Umat Buddha di seluruh dunia pasti mengenal Dewi Kuan Yin. Sosok yang lembut, bersahaja, welas asih terhadap segala makhluk. Dewi Kuan Yin semasa hidupnya sangat suka menolong orang-orang yang sedang kesusahan. Beliau memiliki 12 ikrar besar yang salah satunya adalah jika seluruh umat manusia tidak bisa kembali ke surga, maka bertekad untuk tidak menjadi Buddha. Karena ketulusan hati dan kekuatan dari ikrar tersebut, meskipun masih banyak umat manusia yang berbuat kejahatan yang membuat mereka terperosok ke neraka, Beliau sudah menjadi Buddha. 


Dewi Kuan Yin seumur hidup tidak menikah dan mendedikasikan hidupnya untuk kesejahteraan umat manusia. Selain itu, Dewi Kuan Yin juga menjalankan kehidupan sebagai seorang vegetarian karena tidak ingin menyakiti makhluk hidup lain, sekalipun mereka berwujud hewan. Dewi Kuan Yin menganggap semua makhuk bernyawa berhak atas kehidupan dan yang berhak mengambil nyawa mereka adalah Sang Maha Kuasa, bukan manusia.


Setiap tanggal 19 bulan 9 Imlek adalah hari Dewi Kuan Yin mencapai kesempurnaan. Sebenarnya, dalam satu tahun ada tiga kali perayaan khusus Dewi Kuan Yin, yaitu hari Dewi Kuan Yin dilahirkan yang jatuh pada tanggal 19 bulan 2 penanggalan imlek dan hari Dewi Kuan Yin mendapatkan Tao yang jatuh pada tanggal 19 bulan 6 penanggalan imlek.


Dewi Kuan Yin adalah salah satu sosok Bodhisattva yang sangat patut untuk diteladani kebajikannya. Apalagi saat ini banyak kejahatan dan kriminalitas terjadi di seluruh dunia yang mengakibatkan bencana dan malapetaka. Bencana terjadi karena Tuhan ingin mengingatkan manusia agar selalu memiliki hati welas asih. Hal ini bertujuan supaya manusia hanya menimbun karma baik saja, bukan sebaliknya. Hari Dewi Kuan Yin mencapai kesempuranaan seolah-olah mengiingatkan kembali manusia untuk lebih mensyukuri kehidupan dan berbuat baik kepada sesama. (VIA)

Related posts