Jadi Stafsus Baru Presiden Jokowi, Inilah Profil Lengkap Grace Natalie

Jakarta, GPriority.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja menunjuk mantan ketua PSI, Grace Natalie, sebagai staf khusus (stafsus) barunya.

Lantas, siapakah sosok Grace Natalie ini?

Grace Natalie Louisa, atau lebih akrab dipanggil Grace Natalie, lahir di Jakarta, pada 4 Juli 1982. Grace menempuh pendidikan menengah atas di SMAK 3 BPK Penabur.

Setelah lulus, Grace kemudian memutuskan untuk melanjutkan pendidikan S1 di Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie. Saat itu ia memilih jurusan Akutansi.

Grace dikenal sebagai sosok wanita yang mampu menyeimbangkan pendidikan dan peran aktifnya di kampus. Hal inilah yang turut membawa Grace mengenal dunia jurnalis. Grace kemudian meraih kemenangan untuk wilayah Jakarta dalam ajang SCTV Goes to Campus.

Tak hanya sampai disitu, Grace juga meraih prestasi di tingkat nasional. Dirinya sukses menduduki posisi kelima dalam ajang tersebut.

Usai lulus, SCTV kemudian langsung menggaet Grace. Selama bekerja di dunia media, ia kerap berpindah dari satu media ke media lain.

Dari SCTV, Grace kemudian hijrah ke ANTV, dan terakhir ditugaskan di TVOne. Di tahun 2012, Grace resmi meninggalkan dunia jurnalistik untuk menjadi CEO Saiful Mujani Research and Consulting.

Di kantor tersebut, Grace hanya hanya bertahan selama dua tahun. Hal ini lantaran ia mulai terjun ke dunia politik pada tahun 2014.

Di tahun yang sama, Grace bersama beberapa anak muda lainnya seperti Raja Juli Antoni dan Isyana Bagoes Oka, kemudian membangun PSI (Partai Solidaritas Indonesia).

Namun, gagasannya untuk mendirikan parpol tidak muncul begitu saja.Parpol tersebut lahir berdasarkan cara pandang dari beberapa inisiator yang telah mengenal satu sama lain. Sehingga lahirnya PSI.

Pada 2019, Grace kemudian mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Ia berhasil mendapat suara terbanyak di daerah pemilihan DKI Jakarta.

Sayangnya, PSI tidak memenuhi ambang batas parlemen. Sehingga harapan Grace terpaksa pupus. Tapi, Grace berhasil meraih prestasi serupa di tahun 2024.

Grace kemudian meraih suara terbanyak di Dapil Jakarta III, dengan total suara 305.291 suara. Grace saat itu mengungguli dua petahana dari PDI Perjuangan, Charles Honoris dan Darmadi Durianto.

Bagi Presiden Jokowi, Grace bukanlah sosok baru di dunia politik. Wanita itu menjadi salah satu sosok yang pasang badan untuk Presiden Jokowi di Pilpres 2014 dan 2019. Berdasarkan sepak terjang inilah, Presiden Jokowi akhirnya menjadikan Grace Natalie sebagai staf khusus Presiden RI, saat ini.

Foto : Instagram / @gracenat