Jokowi Ajak Wajib Pajak Lapor SPT Tahunan PPH Secara Daring

Jakarta,Gpriority-31 Maret merupakan batas waktu yang telah ditentukan bagi para wajib pajak untuk segera melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan.

” Untuk itulah saya mengajak para wajib pajak untuk segera melaporkannya,” ucap Jokowi dalam siaran persnya pada Rabu (3/3/2021).

Jokowi sendiri dalam siaran persnya mengatakan sudah melaksanakan kewajiban tersebut.”Rabu (3/3/2021) saya telah melaporkan SPT Tahunan secara online melalui e-filling dari Istana Negara. Sudah lima tahun ini saya lapor pajak tanpa perlu datang ke kantor pajak. Sangat mudah,” ujarnya.

e-filling adalah cara penyampaian SPT Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan real time melalui internet pada website DJP www.djponline.pajak.go.id atau ASP (Aplication Service Provider/Penyedia Jasa Aplikasi).

“Sejak diluncurkan oleh Ditjen Pajak melalui Peraturan Dirjen Pajak Nomor PER-39/PJ/2011 tentang Tata Cara Penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Menggunakan Formulir 1770S Atau 1770SS Secara efiling Melalui Website Direktorat Jenderal Pajak Atau 1770SS Secara efiling Melalui Website Direktorat Jenderal Pajak (www.pajak.go.id), pengguna aplikasi ini terus meningkat. Pada Tahun 2013 pengguna efiling tercatat sebanyak 24.509 wajib pajak, sedangkan pada April 2017 melonjak menjadi 6.9 juta Wajib Pajak,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi peningkatan terjadi dikarenakan masyarakat merasakan manfaat e-filing yang akurat, mudah, murah dan cepat, serta terjamin kerahasiannya. “Wajib pajak tidak perlu menyisihkan waktu, tenaga, dan biaya antri di Kantor Pelayanan Pajak untuk lapor SPT Tahunan, cukup isi SPT secara online, kemudian tanda terima akan dikirimkan melalui email. wajib pajak tidak perlu khawatir kehilangan tanda terima SPT karena sudah tersimpan di email. Tinggal dicari jika sewaktu-waktu diperlukan,” jelas Jokowi.

Jokowi dalam siaran persnya juga mengingatkan bahwa pajak yang dibayarkan masyarakat akan sangat berarti bagi negara untuk mendukung segenap program pemulihan dan bantuan sosial di tengah pandemi saat ini.

“Pajak yang kita bayarkan sangat dibutuhkan untuk mendukung program pemulihan ekonomi, meningkatkan daya beli masyarakat, dan pemulihan kesehatan seperti vaksinasi serta perlindungan sosial di masa pandemi ini. Untuk itulah sekali lagi saya ingatkan agar para wajib pajak segera melaporkan SPT Tahunan PPHnya” tutup Presiden.(Hs.Foto.BPMI Setpres)

Related posts