Jokowi: Bendungan Tapin bisa Jadi Spot Wisata Menarik di Kalsel

Tapin,Gpriority-Usai meresmikan Bendungan Tapin yang terletak di Desa Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan, pada Kamis, 18 Februari 2021, Presiden Joko Widodo kepada masyarakat yang hadir mengatakan bahwa Bendungan Tapin bisa menjadi spot wisata menarik.

“Setelah melihat kondisi keindahan di sekitar waduk ini, saya melihat bisa menjadi objek pariwisata menarik tidak hanya di Kabupaten Tapin tetapi juga di Provinsi Kalimantan Selatan,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, kesempatan ini harus dimanfaatkan betul oleh Pemda Tapin sehingga masyarakat di sekitar bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Sekedar informasi Bendungan Tapin dibangun pada tahun 2015 dengan total biaya mencapai Rp986,5 miliar.

Bendungan Tapin memiliki kapasitas tampung 56,77 juta meter kubik dengan luas genangan mencapai 425 hektare. Hadirnya bendungan tersebut di Kabupaten Tapin akan bermanfaat bagi pengairan kurang lebih 5.472 hektare lahan pertanian setempat, menyediakan air baku hingga 500 liter per detik, berpotensi menyediakan tenaga listrik sebesar 3,3 megawatt, dan mereduksi banjir hingga 60 persen.

Selain mereduksi dampak banjir, Bendungan Tapin nantinya juga diharapkan akan turut berperan dalam peningkatan sektor pertanian dan perikanan di Kalimantan Selatan. Ini dikarenakan bendungan Tapin memiliki jaringan irigasi hingga ke lahan-lahan sawah milik petani serta di saat peresmian dilakukan penebaran benih ikan patin, nila, gabus, dan papuyu di kawasan bendungan sehingga bisa dipanen oleh masyarakat sekitar,” tutup Jokowi.(Hs.Foto.BPMI Setpres)

Related posts