Kembangkan Pariwisata, DPRD Haltim Studi Banding ke Pulau Morotai

Komisi III DPRD Halmahera Timur lakukan studi banding di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara (24/6). Kabupaten Pulau Morotai di pilih sebgai tempat studi banding karena dianggap sukses menerapkan Tata Kelola Pengembangan Pariwisata dan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA). Hal ini terbukti dalam penyelenggaraan Sail Morotai yang dinyatakan berhasil.

Untuk mengembangkan tata kelola pariwisata di Kabupaten Halmahera Timur Ketua Komisi III DPRD Haltim, Ashadi Tajuddin, SH berharap melalui studi banding ini pihaknya mendapat informasi yang detail soal pengembangan pariwisata di Morotai sehingga menjadi acuan untuk merampung RIPPDA Kepariwisataan di Kabupaten Haltim.

Menanggapi aspirasi Ketua Komisi III DPRD Haltim, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Pulau Morotai, Ida Arsyad membeberkan sejumlah regulasi nasional pengembangan pariwisata di Pulau Morotai.

“Hal yang menjadi dasar pengembangan pariwisata di Morotai adalah PP 26 Tahun 2008 tentang Penetapan Kawasan Strategis Nasional, Perpres No 50 tahun 2011 tentang KSPN, PP No 50 tahun 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus, Perpres No 34 tahun 2005 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara di Prov Malut dan Papua Barat dan sejumlah regulasi lain serta mewujudkan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Morotai,” ujar Ida Arsyad.

Dilansir dari Kabarmalut pada Senin (5/7) Sekretaris Pariwisata Morotai, Saban Lanoni, menambahkan bahwa sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Pariwisata sendiri yaitu, pertama melalui jumlah kunjungan wisatawan, jadi jika diperbanyak event-event pariwisata maka otomatis PAD akan meningkat dan juga pendapatan sektor rill masyarakat juga terjadi peningkatan.

Tak hanya itu, Asisten III Setda Morotai, Alfatah Sibua kambali menjelaskan semangat pembuatan RIPPDA, diketahui para prinsipnya RIPPDA merupakan kompas di suatu daerah yang melakukan proses pengembangan pariwisata termasuk sistem penganggarannya.

DPRD Haltim juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morotai terlebih khusus kepada Bagian Humas yang telah menyambut kedatangan komisi III DPRD Haltim di Pulau Morotai.(Sof.Foto.Istimewa)

Related posts