KPU Haltim Gelar Rakor PDPB

Haltim,GPriority.co.id-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Timur menggelar rapat koordinasi (Rakor) Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) periode II Tahun 2022, yang bertempat di ruang aula KPU Haltim pada Selasa (28/6/2022).

Hadir dalam Rakor tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,  Badan Pusat Statistik Haltim, Unsur Kepolisian dan TNI, Pemuda Muhammadiyah Haltim, Pemerintah Kecamatan dan bebeberapa Kepala Desa.

Ketua KPU Haltim, Mamat Jalil, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan rapat koordinasi ini merupakan perintah Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 6 Tahun 2021 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan, dimana pada pasal 10 menjelaskan penyelenggaraan forum koordinasi PDPB tingkat Kabupaten/Kota paling sedikit setiap 3 (tiga) bulan sekali.

“Forum ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan mengenai Data Pemilih dari instansi terkait atau Masyarakat,” Kata Mamat.

Sementara Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Ahmad A. Fauto dalam rakor tersebut menjelaskan dalam pelaksanaan PDPB yang dilaksanakan oleh KPU sepanjang 2022 atau semester II tahun 2022, tren daftar pemilih kita mengalami penurunan.

“Misalnya pada Rakor DPB periode I 2022, Jumlah Data Pemilih Berkelanjutan ditetapkan sebanyak 58.077 Pemilih dengan rincian Pemilih Laki-laki sebanyak 29.835 dan Pemilih Perempuan sebanyak 28.242. Pada Periode II 2022, PDPB Kabupaten Halmahera Timur ditetapkan sebanyak 53.986 dengan rincian Pemilih laki-laki sebanyak 27.682 dan Pemilih Perempuan sebanyak 26.304,” Jelasnya.

Mato sapaan Ahmad A. Fauto, menambahkan berdasarkan perolehan data tersebut, PDPB periode II tahun 2022 mengalami penurun pemilih sebanyak 4.091 yang terdiri dari pemilih Laki-laki sebanyak 2.153 dan Pemilih Perempuan sebanyak 1.938. Tren penurunan data pemilih ini bersumber dari tiga kategori pemilih Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yakni Pemilih Non KTPe, Pemilih Meninggal Dunia dan Pemilih Ganda. Rinciannya adalah Pemilih Non KTPe sebanyak 3.705 Pemilih, Pemilih Meninggal Dunia sebanyak 54 Pemilih dan Pemilih ganda sebanyak 385 Pemilih.

“Selain pemilih TMS, KPU Haltim juga menambhakan Pemilih baru dan pemilih pindah masuk sebanyak 198 Pemilih. Hal ini sesuai dengan ketentuan PKPU nomor 6 tahun 2021 pasal 18 ayat 1 Huruf c, bahwa KPU Kab/Kota melakukan pemutakhiran Data Pemilih dengan cara menambahkan Pemilih baru dan memutakhirkan Data Pemilih,” tambahnya.

Perlu diketahui, Dalam kesempatan tersebut, KPU Haltim juga mensosialisasikan aplikasi Lindungihakmu kepada peserta Rakor sebagaimana diatur dalam surat Edaran nomor 18 tentang Petunjuk Teknis Penggunaan Aplikasi Mobile Lindungihakmu.

“Pemanfaatan teknologi informasi dalam PDPB yang saat ini dilakukan melalui aplikasi mobile Lindungihakmu yang telah dikembangkan oleh KPU dapat memutakhirkan Data Pemilih dan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam memutakhirakan data pemilih demi terwujudnya data pemilih yang berintegritas,” tutupnya.(RB.Foto.RB)

Related posts