Penentuan Iduladha 1443 H, Kemenag Gelar Sidang Isbat dan Pantau Hilal

Jakarta,GPriority.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat untuk menentukan awal Zulhijah 1443 H sekaligus menentukan hari Raya Iduladha 1443 H sore ini, Rabu (29/6).

“Kami akan menggelar Sidang Isbat Awal Zulhijah pada 29 Juni 2022 untuk menetapkan Iduladha 1443 H,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Adib dalam keterangan resminya.

Adib menambahkan pelaksanaan Sidang Isbat jadi bagian penting dari salah satu tugas Kemenag. Karenanya, dia meminta semua pihak yang terlibat untuk mempersiapkan diri secara maksimal dalam prosesnya.

“Belajar dari Sidang Isbat yang sudah kita laksanakan yaitu Sidang Isbat Awal Ramadan dan Sidang Isbat Awal Syawal, meski resonansi Sidang Isbat Awal Zulhijah tidak sekuat sidang-sidang tersebut, tapi tetap perlu persiapan yang maksimal,” tegasnya.

Adib menyampaikan, pihaknya masih harus menunggu hasil rukyatul hilal yang tersebar di 86 titik lokasi hilal di seluruh Indonesia. Pemantauan ini dilakukan oleh Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag Kabupaten/Kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama, Ormas Islam, serta instansi setempat.

Sesi pertama sidang Isbat akan dimulai pukul 17.00 WIB, berupa pemaparan posisi hilal Awal Zulhijah 1443 H oleh anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag. Kemudian sesi kedua akan dilangsungkan setelah Magrib dengan penyampaian laporan data hisab dan hasil Rukyatul Hilal dari sejumlah titik yang ditentukan di Indonesia.

“Sesi ketiga adalah pengumuman hasil Sidang Isbat Awal Zulhijah yang disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag,” kata Kepala Subdirektorat Hisab Rukyat dan Syariah Ditjen Bimas Islam Kemenag, Ismail Fahmi.

Sebagai informasi tambahan, Organisasi Islam Muhammadiyah telah menetapkan 10 Zulhijah 1443 H atau Hari Raya Iduladha jatuh pada Hari Sabtu, tanggal 9 Juli 2022. (Hn.Kemenag)

Related posts