KPU Malinau Beber Mekanisme dan Pemandu Debat Publik Calon Bupati dan Wakil Bupati Malinau 2020


GPRIORITY, MALINAU- Debat Kandidat Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Malinau dibagi menjadi Enam Sesi.

Demikian disampaikan Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malinau, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Antopianus, Senin (16/11/2020).

Antopianus mengatakan Debat kandidat yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 21 November mendatang terbagi menjadi enam sesi.

“Debat Publik itu kita bagi menjadi enam sesi. Mekanismenya sudah kita bahas juga bersama penghubung Paslon (LO),” kata Antopianus kepada GPriority melalui pesan WhatsApp, pukul 10.00 Wita.

Menurut Antopianus, enam sesi tersebut yakni untuk sesi pertama dimulai dengan pemaparan visi-misi dari masing-masing pasangan Calon (Paslon).

Selanjutnya, Pemandu debat bertanya kepada Paslon berdasarkan pertanyaan yang telah dibuat oleh Pemateri.

“Sesi pertama itu seperti biasa pemaparan visi-misi, kedua dan ketiga pemandu debat bertanya kepada masing-masing Paslon sesuai pertanyaan yang sudah dibuat oleh pemateri,” ucapnya.

Selanjutnya kata Antopianus, pencabutan materi debat oleh Paslon sesuai berdasarkan enam tema debat yang diatur PKPU 13/2020.

“Tema debatnya itu diatur dalam PKPU 13/2020. Yang pasti ada tambahannya, tentang Narkoba dan Covid-19,” tuturnya.

Dilanjutkan melalui sesi tanya jawab antarpasangan calon mengenai materi yang dipilih melalui metode undian tersebut.

“Nanti kita siapkan semacam fishbowl, wadah untuk cabut undi materi debat, jadi materinya dipilih secara acak,” ungkapnya.

Antopianus mengaku, Pemandu Debat telah disiapkan dari Kompas TV sebagai Lembaga Penyiaran yang dipilih untuk menyiarkan debat kandidat tersebut.

“Dari Kompas TV sudah siapkan beberapa nama. Dan kita ajukan nama yang paling sering jadi moderator debat, namanya Frisca Clarissa,” ungkapnya.

Antopianus menambahkan, KPU Malinau memilih moderator debat berdasarkan pengalamannya memandu beberapa debat publik yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Debat Kandidat antar Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Malinau, rencananya akan digelar di Stasiun Televisi Kompas TV Jakarta, Pukul 19:00 – 21:00 Wita.

Debat Kandidat tersebut diikuti oleh tiga Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Malinau, yakni Martin Labo – Dato Nasir (Mandat), Jhonny Laing Impang – Muhrim (JM) dan Wempy W Mawa – Jakaria (Wira).(FBI)

Related posts