Marjito Bachri Mengabdi Sebagai Wakil Rakyat Membangun OKU Sejahtera

Ketua Dewan Pimpinan Rakyat Daerah (DPRD) OKU (Ogan Komering Ulu), Sumatera Selatan saat ini dipegang oleh Ir. H. Marjito Bachri, S.T., dari partai Gerindra dengan masa jabatan 2019-2024. Marjito dilantik pada tanggal 16 September 2019 oleh Ketua Pengadilan Negeri Baturaja, di ruang paripurna DPRD OKU. Marjito juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra OKU.

Selain sukses menjabat sebagai Ketua DPRD dan Ketua DPC Gerindra OKU, Marjito Bachri juga sukses menjadi seorang pebisnis karet, dan membuka Pabrik Crumb Rubber (serbuk karet) Gunung Meraksa Wall di Kabupaten OKU. Disamping itu juga ada beberapa usaha yang ia jalani seperti jasa kontrusksi, restoran, dan perbengkelan di Jakarta yang saat ini sudah berjaan dengan baik.

Ir. H. Marjito Bachri, S.T., lahir di Tangsi Lontar, 15 Februari 1967, merupakan anak bungsu dari 10 bersaudara putra pasangan Bachri dan Zahroh. Marjito mengenyam pendidikan dasarnya di SD Negeri Belambangan OKU. Menginjak sekolah menengah, Marjito menempuh pendidikan di Jakarta tepatnya di SMPN 28 Jakarta dan SMAN 45 Jakarta. Marjito kemudian melanjutkan pendidikannya di Akademi Teknologi Sapta Taruna Jakarta.

Pada tahun 1991, Marjito menempuh pendidikan di Universitas Krisnadwipayana, Jakarta dengan program studi Teknik Sipil. Berkat latar belakang pendidikannya tersebut, Marjito mampu menguasai tentang mekanika tanah, teknik pondasi, sistem penurunan UPR tanah. Teknik itu pulalah yang berhasil mengantarnya sebagai pengusaha. Untuk menambah ilmunya dibidang karet, Marjito sempat magang di pabrik karet hingga melanjutkan studi ke Malaysia untuk belajar tentang produksi karet.

Awalnya, Marjito memilih terjun ke dunia politik dengan pertimbangan bahwa dengan menjadi anggota legislatif maka diharapkan dapat berperan lebih luas dalam membantu pembangunan di daerah. Banyak keluarga, teman, dan sahabat yang menyarankan untuk bergabung ke dunia politik. Dan akhirnya pengusaha di bidang kontruksi ini terjun ke dunia politik dengan bergabung di Partai Gerindra. 

Saat ini, ayah dari tiga anak ini disibukkan dengan kegiatan politiknya seperti membahas APBD Kabupaten OKU. Pada Selasa kemarin (18/08/2020) Marjito sempat mempimpin Rapat Paripurna Ke-XI DPRD Kabupaten OKU Masa Persidangan Ke-3 Tahun Sidang 2020, Dalam Rangka Pengesahan KUPA ( Kebijakan Umum Perubahan Anggaran) dan PPAS ( Plafon Prioritas Anggaran Sementara) Perubahan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja) Tahun Anggaran 2020.

Marjito ingin fokus mengabdikan dirinya sebagai wakil rakyat dan menjalankan amanahnya kepada masyarakat OKU, terbukti bahwa ia tidak berniat mencalonkan diri sebagai Bupati dan lebih memilih menjalankan tugasnya sebagai ketua DPRD OKU.

“Saya fokus dengan amanah rakyat OKU yang saya wakili, apalagi saat ini saya dipercaya sebagai Ketua DPRD OKU, berarti saya milik OKU dan saya harus mengabdikan diri untuk menjadi wakil rakyat OKU, tentu bersama-sama Pemerintah OKU untuk berbuat dan berinovasi,” ujar Marjito

Ia bersama Pemerintah OKU berinovasi membangun OKU yang sejahtera dan lebih baik di berbagai bidang terutama dibidang pertanian, perkebunan, perternakan, perikanan, usaha, dan kreaktif rakyat.

Hal tersebut sejalan dengan Visi dan misi Marjito untuk Kabupaten OKU yaitu memulai pembangunan dari desa-desa. Agar pedesaan dan kota menjadi maju, maka Pemerintahan (legiatif dan eksekutif) harus konsen membangun pedesaan dengan memberikan dana yang besar.(Dwi)

Related posts