Mobil Terlaris di Tahun 2023 Triwulan I Januari-Juli, Brio Mendominasi Pasar

Penulis : Aflaha Rizal Bahtiar │ Editor : Dimas A Putra │ Foto : Honda

Penjualan mobil nasional perlahan mengalami pertumbuhan yang signifikan. Selain kebutuhan, tipe mobil juga mendominasi pasar yang setidaknya menjadi tipe terlaris di tahun 2023.

Mobil keluaran Toyota menjadi salah satu merek mobil yang disebut laris di pasaran nasional.

Selain itu, ada empat mobil terlaris di tahun 2023 lainnya yang perlu kamu ketahui lebih lanjut. Simak selengkapnya.

Triwulan I dan 2 tahun 2023

City Car

Untuk kategori city car, Honda Brio menempati angka penjualan yang tertinggi, dengan jumlah sebesar 7.327 unit. Secara spesifik, Honda Brio memang sesuai dengan kebutuhan harian.

Honda Brio juga memiliki harga terendah dan harga tertinggi, antara lain Brio 1.2 Satya S MT (Rp. 165 juta), Brio 1.2 Satya E MT (Rp. 180 juta), Brio 1.2 Satya E CVT (Rp. 193 juta), Brio 1.2 RS MT (Rp. 236 juta), dan Brio 1.2 RS CVT (Rp. 246 juta).

Dengan harga terendah dan tertinggi tersebut, mobil ini lahir dengan versi Low Cost Green Car yang diberi nama Brio Satya yang menggunakan mesin berkapasitas 1.200 cc.

SUV

Mobil terlaris selanjutnya adalah SUV, di mana salah satu mobil yang juga mendominasi pasar adalah Hyundai Creta dengan angka penjualan sebesar 15.037 unit pada tahun 2023.

Mobil ini didukung dengan mesin 4 cylnder dan 16 valve yang menghasilkan tenaga optimal. Selain mesin, keunggulan yang dimiliki Hyundai Creta adalah desain interior yang menarik dan didukung dengan fitur yang cukup canggih, mulai dari penggunaan mobil yang mudah dan sudah terkoneksi ke ponsel.

Keunggulan lainnya yang dimiliki Creta adalah penggunaan bahan bakar yang cukup hemat, sehingga pemakaian bisa digunakan untuk berbagai medan tempuh.

MPV

Mobil MPV yang disebut mobilnya sejuta umat ini terjual tak mencapai 1000 unit penjualan pada mobil Hyundai Stargazer. Meski demikian, ada tipe mobil MPV lain yang juga laris di Indonesia, antara lain Toyota Avanza (3.727 unit April 2023), Mitsubishi Expander (1.808 unit), Toyota Veloz (1.701 unit), Xenia (1.126 unit), Ertiga (919 unit), Wuling Confero (176 unit), daan Nissan Livina yang memiliki angka penjualan sedikit (73 unit).

Secara spesifik, mobil MPV memiliki kapasitas ruang yang cukup luas yang dapat menampung 7-8 penumpang. Selain ruangnya yang cukup luas, kapasitas mesinnya pun juga kurang dari 1500 cc, di mana jenis kendaraan ini hanya cocok untuk dikendarai di jalanan datar dan cocok buat mobil keluarga.

Sedan

Mobil sedan juga masuk dalam daftar mobil yang terjual laris di Indonesia. Meski angka penjualan tidak sebanyak merek lain dan hanya terjual 104 unit untuk Honda All New Civic, perfoma mesin yang dimiliki adalah mesin Petrol dengan kapasitas 1498 cc.

Dengan mesin tersebut, Honda Civic bisa menghasilkan tenaga sampai 171 hp, serta torsi yang puncaknya sebesar 220 Nm.