Pemerintah Optimis Pertumbuhan Ekonomi 2021 Bisa Mencapai 4,5% Hingga 5,3%

Jakarta,Gpriority- Tahun 2021, Pemerintah Pusat seperti dikatakan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam siaran persnya pada Senin (27/7/2020), optimis pertumbuhan ekonomi di Indonesia bisa mencapai 4,5% hingga 5,3%.

“ Pertumbuhan tersebut bisa terealisasi jika konsumsi masyarakat,investasi dan perdagangan internasional bisa berangsur pulih dan tidak terkena pukulan kedua Covid-19,” jelas Sri Mulyani.

Untuk mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, Pemerintah Pusat seperti dijelaskan Sri Mulyani tengah menyiapkan beragam program seperti Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), menjaga inflasi pada tingkat yang terkendali untuk memulihkan daya beli masyarakat, meneruskan dan memperkuat program bantuan sosial yang komprehensif untuk mendorong pemerataan pendapatan dan pemenuhan kebutuhan masyarakat terutama yang berpenghasilan rendah. Pemerintah juga akan terus memberikan insentif bagi dunia usaha sehingga mampu menjaga kinerja perekonomian dari sisi produksi.

“ Pemerintah Pusat berharap dengan hadirnya program tersebut bisa semakin meningkatkan perekonomian Indonesia di tengah Covid-19,” ucap Sri Mulyani.

Terkait dengan resesi yang sudah melanda Singapura dan Korea Selatan, Sri Mulyani mengatakan, sebisa mungkin dihindari oleh Indonesia. Caranya dengan terus menggencarkan seluruh belanja-belanja agar cepat sampai ke masyarakat.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu pun yakin Indonesia tidak jatuh ke dalam resesi. Keyakinan ini didasari semakin membaiknya penerimaan pajak di bulan Juni 2020. Selain itu yang menjadi alasan lainnya adalah keaktifan pemerintah pusat untuk tetap memberikan kredit modal kerja kepada pelaku usaha sehingga bisa tetap produksi. (Haris)

Related posts