Peningkatan Kualitas SDM untuk Kemajuan Indonesia

Jakarta,Gpriority-Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan Tahun 2019 yang berlangsung selama empat hari (13-16 maret) di Hotel Bidakara Jakarta menghadirkan para pembicara dari Kementerian termasuk Kementerian PPN/Bappenas.

Direktur pendidikan dan agama kementerian PPN/Bappenas Dr. Hadiat, MA yang menjadi pembicara pada hari Kamis (14/3) mengatakan, ” kita berada di negara yang tidak hanya besar dari sisi luas wilayahnya tapi juga penduduknya. Persoalan inilah yang harus dipahami sehingga ketika berbicara literasi kita bisa memahami secara cerdas dan efektif. Untuk itulah dalam rakornas ini, Kementerian PPN/Bappenas mengajak di dalam pembangunan dibahas pula masalah toleransi. Karena dengan perbedaan yang ada bisa semakin memperkuat pembangunan nasional. Caranya dengan melakukan gotong royong.”

Bappenas seperti dituturkan Hadiat pada saat ini telah menyiapkan rencana pembangunan jangka panjang nasional (RPJMN) 2020 hingga 2024. Dalam RPJMN yang disusun, tema yang diangkat adalah bagaimana mengangkat ” Indonesia berpenghasilan menengah tinggi yang adil dan sejahtera dan berkesinambungan”. ” Untuk itulah dalam RPJMN dibahas tentang prioritas SDM, kesetaraan gender, tata kelola, kerentanan bencana dan perubahan iklim, ucap Hadiat.

Terkait dengan SDM, Bappenas seperti dituturkan Hadiat menilai sangatlah penting di dalam pembangunan Indonesia. Karena maju atau tidaknya sebuah negara tergantung dari SDM-nya.

” Mengingat SDM teramat penting, makanya pendidikan dan kesehatan SDM sangat diperhatikan oleh pemerintah,” tutur Hadiat.

Tidak hanya pendidikan dan kesehatan, pembentukan karakter juga menjadi perhatian pemerintah. Karena karakter inilah yang akan menentukan apakah SDM Ini memiliki kualitas atau tidak. Untuk itulah Hadiat berpesan agar orang tua memperhatikan karakteristik anaknya.Jika karakternya menunjukkan hal yang tidak baik, maka orang tua bertugas untuk memperbaikinya.

Masalah melek informasi di dslam pembelajaran guna menghasilkan SDM berkualitas juga dinilai Hadiat sangat penting.Untuk itulah perpustakaan berperan penting dalam membentuk pelajar agar melek informasi. Dengan meleknya informasi, maka literasi SDM bisa semakin meningkat.

” Dengan meningkatnya literasi, otomatis kualitas SDM juga turut meningkat. Dan pastinya mampu membawa Indonesia menjadi negara yang lebih maju lagi,” tutup Hadiat.(Hs.Foto:Hs)

Related posts