Permohonan ditolak, Ardiansyah-Kasmidi Siap-siap dilantik


Rabu (16/2/2021) merupakan hari yang menentukan bagi paslon Ardiansyah Sulaiman-Kasmidi Bulang (ASKB) apakah permohonan gugatan Mahyunadi -Lulu Kinsa dikabulkan atau tidak.

Untuk mengetahui hasil tersebut, ASKB menggelar nonton bareng Sidang Sengketa Pilkada ke-3 yang digelar oleh Mahkamah Konstitusi di Hotel Red Top,Pecenongan,Jakarta.

Sidang sendiri dibuka dengan sambutan dari Ketua MK Anwar Usman yang memimpin jalannya sidang.” Untuk siang ini ada 12 pemohon yang disidangkan termasuk sengketa pilkada Kutai Timur 2020,” ucap Ketua MK Anwar Usman dikutip dari mkri.id.

Untuk Kutai Timur, Anwar Usman dalam keputusannya mengatakan menolak permohonan yang diajukan oleh paslon Mahyunadi dan Lulu Kinsa.

Menurut Anwar Usman, yang membuat Hakim MK menolak permohonan Mahyunadi dan Lulu Kinsa, karena Pemohon tidak memiliki kedudukan hukum dan tidak memenuhi ketentuan pasal 158 UU 10/2016 tentang ambang batas disebabkan selisih suara yang cukup jauh yakni 11,1 % dari pihak terkait yakni Ardiansyah-Kasmidi Bulang.

Terkait dengan gugatan mengenai KTP Ganda, MK dalam sidang tersebut menjelaskan tidak ada yang ganda. Hal ini diperkuat dengan keterangan saksi dari Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam)” Bahkan pemohon telah mendapat penjelasan juga dari Kemendagri,” ucap Hakim Saldi Isra.

Untuk dalil-dalil lainnya, MK seperti dituturkan Saldi Isra tidak mempertimbangkannya, dikarenakan tidak relevan dan tidak menunjukkan keterkaitan dengan perolehan suara yang diterima oleh paslon dalam Pilkada Kutai Timur 2020.

Ucapan Selamat dari tim Pemenangan ASKB

Usai gugatan Paslon Mahyunadi-Lulu Kinsa ditolak MK, sorak sorai langsung membahana di Red Top. Tim pemenangan yang hadir langsung mengucapkan selamat kepada ASKB.

ASKB sendiri langsung mengucapkan syukur kepada Tuhan yang maha Esa. ” Alhamdulillah pada hari ini kita telah mendengar keputusan dari MK yang memutuskan bahwa perkara pemohon tidak beralasan, sehingga perkara ini tidak dilanjutkan,” ucap Calon Bupati Kutai Timur Ardiansyah dalam siaran persnya di Hotel Red Top usai keputusan MK.

Menambahkan ucapan Ardiansyah,Calon Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang mengatakan, bahwa Pilkada Kutai Timur sudah final dan pemenangnya adalah ASKB.

” Untuk itulah saya mengajak kepada masyarakat Kutai Timur semuanya untuk meninggalkan perselisihan dan kembali membangun Kutai Timur,” jelas Kasmidi Bulang.

ASKB dalam sambutannya juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung hingga selesainya sidang Sengketa Pilkada pada Rabu (16/2/2021).

ASKB juga berjanji akan terus membangun Kutai Timur dan melanjutkan program-program yang telah dibuat oleh pemerintahan sebelumnya.(Hs.Foto.Hs)

Related posts