Pilot Project Smart City Kota Ambon Sejak 2019

BSD,Gpriority-Salah satu daerah di Indonesia Timur yang meraih penghargaan Smart City 2021 yang digelar di ICE BSD pada Selasa (14/12/2021) adalah Kota Ambon.

Ditemui usai penyerahan penghargaan, Kadis Kominfo-Sandi Kota Ambon, Rulien Purmiasa mengatakan bahwa  sejak tahun 2019, Kota Ambon terpilih sebagai pilot project Smart City yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). “ Dan puji tuhan dalam setiap tahunnya kita selalu mendapatkan nominasi sebagai penerima penghargaan,” lanjut Rulien Purmisa.

Selain Smart City, Rulien juga mengatakan bahwa Kota Ambon mendapatkan penghargaan dari lembaga lainnya seperti  BSN, Relawan TIK, dan beberapa lembaga terkait dengan Smart City dan juga media digital.

Rulien dalam kesempatan tersebut juga mengatakan bahwa kunci dari Smart City adalah bagaimana mengkolaborasikan seluruh potensi yang ada di kota.” Jadi Smart City bahasa sederhananya adalah bagaimana merubah yang belum ada menjadi ada dan yang sudah ada menjadi baik. Itu Kuncinya,” ucap Rulien.

Terkait dengan desa, Rulien menjelaskan bahwa hampir sebagian desa di Kota Ambon terintegrasi dengan internet. Sehingga memudahkan masyarakat disana untuk berinteraksi dan komunikasi dengan warga lainnya. (Hs.Foto.Hs)  

Related posts