Presiden Jokowi Lakukan Perubahan di Bidang Fiskal termasuk APBN

Jakarta,Gpriority-Dalam rapat kabinet melalui video teleconference Akibat pandemik Corona Covid-19 yang khusus membahas dampak ekonomi akibat covid-19,  Presiden Joko Widodo mengatakan, ekonomi dunia bisa turun hingga 1,5 persen. Kondisi ini diprediksi berlaku juga  untuk Indonesia. 

Untuk itulah Jokowi akan mengadakan perubahan-perubahan di bidang fiskal. Termasuk APBN, yang akan difokuskan pada tiga sektor. Fokus pertama dalam belanja APBN tersebut adalah bidang kesehatan. Diharapkan pemerintah bisa lebih fokus dalam pengendalian wabah covid-19 ini. Kedua social safety net bansos-bansos. Sektor usaha juga diminta untuk difokuskan agar ada insentif. Jokowi melihat, hal ini perlu dipersiapkan oleh pemerintah dalam rangka mengantisipasi terjadinya pemutusan hubungan kerja atau PHK akibat mewabahnya covid-19.”Insentif ekonomi bagi pelaku usaha dan UMKM sehingga bisa berproduksi dan terhindar dari PHK,” kata Jokowi.

Alasan itulah yang membuat Jokowi meminta para menteri hingga jajaran pemerintah daerah, untuk meninjau kembali rencana belanja mereka. Namun, tetap harus fokus pada dampak dan penanganan terhadap penyebaran covid-19. Belanja yang tidak perlu atau di luar itu, diminta untuk ditiadakan terlebih dahulu.

“Saya perintahkan kepada semua menteri dan pemda untuk memangkas rencana belanja APBN dan APBD yang tidak prioritas banyak sekali, perjalanan dinas, rapat-rapat, belanja barang tidak prioritas saya minta dipangkas,” jelasnya.

Pemangkasan anggaran menurut Jokowi berlaku untuk semua level pemerintah. Baik di pemerintah pusat seperti kementerian dan lembaga, hingga ke pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten serta kota. Dengan begitu, masyarakat diharapkan tak akan terkena imbas yang terlalu parah.

Untuk program safety net, Jokowi memerintahkan untuk diperbanyak. Karena safety net seperti bantuan tunai, bantuan sosial, yang bisa memberi dampak pada peningkatan konsumsi di tengah-tengah masyarakat yang menghadapi dampak covid-19 ini.(Hs)

 

 

Related posts